RMOLSUMSEL

Home     


SEMANGATNYA IBU-IBU KALAU BEGINIAN
SELASA, 18 APRIL 2017 , 08:54:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

SANTUNI ANAK YATIM/RMOLSUMSEL/M WIWIN
  

RMOL. Pengajian ibu-ibu Majelis Taklim (MT) di kampung-kampung yang biasa digelar mingguan, mungkin itu biasa.

Tapi, kalau pengajian yang di desa-desa ini dihimpun, kemudian disatukan dalam kegiatan pengajian bersama (bulanan), dan didalamnya dirangkai dengan pemberian santunan pada anak yatim, itu baru luar biasa.

Seperti inilah terobosan yang dimotori Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terhadap keberadaan Majelis Taklim yang ada di kecamatan tersebut.

Sekitar 33 Majelis Taklim dalam kecamatan ini, yang dihimpun dalam satu kepengurusan, dilantik oleh Kepala KUA Semidang Aji di Masjid Desa Raksa Jiwa, Senin (17/4).

Selain pelantikan himpunan Majelis Taklim Semidang Aji, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan launching (peluncuran) Gerakan Mengaji Menghafal Alquran Semidang Aji (Gemmas).

Alhasil, Masjid Desa Raksa Jiwa pun penuh sesak oleh ibu-ibu yang semangat menghadiri kegiatan pengajian rutin bulanan, yang baru kali kedua diselenggarakan itu. Selain itu, juga hadir para Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS.

Ketua Himpunan Majelis Taklim Semidang Aji, Mutia, mengatakan bahwa kegiatan pengajian bulanan ini biasanya dibarengi dengan infaq dari para ibu-ibu pengajian yang hadir.

"Tiap pengajian bulanan, Jamaah juga memberikan santunan kepada empat anak yatim di tiap desa yang mendapat giliran sebagai tuan rumah," ujarnya.

Kepala KUA Semidang Aji, Husnul Yakin, mengatakan, bahwa keberadaan Majelis Taklim di desa - desa merupakan sebuah aset yang mesti dijaga dan dilestarikan dalam rangka syiar Islam itu sendiri.

Berkaitan dengan program Gemass yang dilaunching itu, sedikit dijelaskan Husnul, itu dimaksudkan untuk membiasakan masyarakat mengaji (membaca) dan menghafal kitab suci Al-Qur’an.

"Paling tidak, gerakan ini diharapkan dapat menangkal pengaruh negatif. Dan kita juga berharap masyarakat dapat gemar mengaji, menghafal serta mengamalkannya," singkat dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) OKU, yang diwakili Kasi Binmas, Hilaluddin, memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan pengajian bulanan Kecamatan ini. Apalagi menurutnya, kegiatan macam ini baru pertama dilakukan diluar kecamatan kota.

"Ini baru pertama. Dan terus terang kami terkejut melihat betapa antusiasnya ibu - ibu hadir disini," Ujar Hilal, dalam sambutannya usai menyerahkan santunan kepada anak yatim pada acara tersebut.

Ia pun mengaku takjub dengan rangkaian pemberian santunan kepada anak yatim pada setiap pengajian bulanan yang diselenggarakan itu.

"Ada santunan anak yatim, kita yakin dan Insya Allah bermanfaat bagi anak yatim. Semoga kegiatan ini akan jadi nilai ibadah," tandasnya.[rik]


Baca juga:
BANYUASIN SUKSES GELAR RAKORDA LPSE SE-SUMSEL
JELANG ROLLING ALAT KELENGKAPAN, FRAKSI DEWAN LAHAT GENCAR LOBI
MENTERI PUAN PASTIKAN PERSIAPAN ASIAN GAMES 2018 SESUAI TARGET
DENGAN MOBIL INI, BAYAR PAJAK DIKLAIM TAK BANYAK BUANG WAKTU
KECEWA, WARGA MANGSANG TAGIH JANJI DPRD SUMSEL


Komentar Pembaca






Berita Populer

Motor Masih Mendominasi Mudik Lebaran 2017
Jadikan Lebaran Momentum Membimbing Anak
Jadikan 1 Syawal Momentum Menyatukan Bangsa