RMOLSUMSEL

Home     


BELAJAR DARI INTERNET, KHAIDIR BUAT MINIATUR AMPERA DARI KERTAS
SABTU, 15 APRIL 2017 , 15:36:00 WIB
LAPORAN: RAHMAD RAMLI

FOTO SUHARDI/ RMOLSUMSEL
  

RMOL. Berbagai hasil karya seni buah karya seniman di Kota Palembang terpajang disejumlah stand pasar seni yang digelar Pemerintah Kota Palembang di kolong Jembatan Ampera.

Salah satu stand yang menarik perhatian, yaitu stand kokoru cfaft. Di stand berukuran sekitar 2x2 meter ini terpajang berbagai kerajinan tangan diantaranya miniatur Ampera, miniatur masjid, boneka, motor vespa, boneka pakaian adat dan lainnya. Semua kerajinan tangan ini merupakan karya Khaidir. Warga Kenten Permai, Palembang.

"Kokoru craft ini beda dengan origami," kata Khaidir membuka perbincangan kepada RMOLSumsel.

Dijelaskannya, kokoru craft merupakan seni menggulung, menggunting dan mengelem kertas kokoru craft menjadi sebuah bentuk yang diinginkan dengan sentuhan kreativitas.

Khaidir sendiri baru terjun ke dunia seni menggulung kertas ini sejak beberapa bulan terkahir. Sejak resign dari profesi sebelumnya sebagai fotografer di studio foto.

Ide awalnya lanjut pria lajang ini, didapat dari internet. Secara otodidak Khaidir belajar sembari melihat-lihat teknik pembuatan kerajinan kokoru craft di youtube.

Menurutnya, kerajinan yang digandrunginya itu belum begitu populer di Kota Palembang, namun untuk di kota besar lainnya seperti Bandung, Yogyakarta kerajinan tangan yang satu ini cukup populer.

Kini Khaidir mulai mengenalkan karyanya kepada masyarakat Palembang melalui Pasar Seni di kolong Ampera.

Ada banyak macam kerajinan tangan yang dibuatnya dari kertas kokoru craft. Harga jualnya pun bervariatif mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 1,8 juta.

"Untuk pensil itu saya jual RP 15 ribu, boneka ini ada yang Rp 35 ribu, ada yang Rp 50 ribu. Nah kalau miniatur jembatan Ampera itu saya jual Rp 1,8 juta. Miniatur masjid Rp 1,5 juta," ujarnya.

Kedepan, karya akan terus dikembangkan dengan membuat miniatur ikon-ikon yang khas dari kota pempek ini.

"Nantinya akan kita kembangkan lagi, misalnya dengan membuat miniatur kantor walikota Palembang, Monpera, bisa juga Masjid Agung atau logo-logo Asian Games 2018," tukasnya. [rhd]


Baca juga:
KHATAM AKBAR DAN TASYAKURAN GO-HAFIDZ
JALINTENG BETUNG-SEKAYU DIPERBAIKI
PRESIDEN TETAPKAN 19 APRIL SEBAGAI HARI LIBUR
HONDA CARE ASTRA MOTOR SUMSEL, MANJAKAN PELANGGAN
KONSUMEN JANGAN TAKUT MOGOK DI JALAN


Komentar Pembaca






Berita Populer

2 Anak Ditinggalkan Mamanya di Masjid, Dibekali Sepucuk Surat Wasiat
Oh.... Begini Rupanya Modus Para PSK Online Jerat Pelanggan
Dandim Angkat Bendera, Datang Segerombolan Orang Mengamuk...