RMOLSUMSEL

Home     


PERAN PENTING IKAFDA DI TENGAH MASYARAKAT
RABU, 12 APRIL 2017 , 20:43:00 WIB
LAPORAN: SADAM MAULANA

DADANG ANDRI WIJAYA /RMOLSUMSEL
  

RMOL. Dalam kehidupan bermasyarakat, selain pemerintah dan wakil rakyat, organisasi kemasyarakatan, tokoh masyarakat hingga para Da'i juga memiliki peranan penting.

Hal ini tidak dapat dipungkiri karena masing-masing punya peran yang berbeda. Fakta ini jugalah yang menjadikan dasar reuni Ikatan Alumni Fakultas Dakwah (IKAFDA) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang angkatan '96.

Rencananya IKAFDA akan menggelar reuni dan diskusi tentang peran para da’i di masyarakat dengan menghadirkan para tokoh masyarakat, ustadz hingga politisi.

Sekretaris Panitia pelaksana temu alumni IKAFDA 96, Dadang Andri Wijaya mengungkapkan, gelar reuni dan diskusi akan dilaksanakan di kawasan wisata religi Alquran Raksasa di Talang Bujang Gandus Palembang akhir pekan ini, Minggu (16/4).

"In Shaa Allah dilaksanakan di sana, para alumni akan dipertemukan kembali dalam silaturahim sekaligus saling berbagi pengetahuan mengenai ke-Islaman dan dakwah," ungkapnya, Rabu (12/4).

Dadang mengatakan, sebanyak 200 orang lebih sudah terdaftar dalam acara tersebut. Selain membina kembali silaturahim yang selama ini telah terputus, juga diharapkan acara itu dapat memberi pemahaman lebih jauh tentang nilai-nilai Ke-Islam dalam dakwah.

"Sebagian besar para alumni fakultas dakwah menjadi penceramah, baik lewat ceramah secara langsung ataupun dengan lewat tulisan. Bahkan ada yang masuk dalam sistem pemerintahan, baik eksekutif maupun legislatif," kata dia.

Saat ini, sebagian besar para alumni IKAFDA telah turut berperan serta dalam berbagai lini kehidupan, dan sebagian berada di luar kota Palembang.

Momen temu alumni tersebut, jelas dia, dapat menjadi waktu yang tepat untuk bertukar pengalaman dan bertukar pengetahuan mengenai perkembangan ke-Islaman.

"Karena kontekstual dakwah, bukan hanya sebatas mengajak saja, tetapi lebih pada mengajak yang baik dan menyuruh meninggalkan yang munkar," tuturnya.

Sementara Tokoh Masyarakat Gandus, yang juga anggota DPR RI, Sofwatillah Mohzaib menjelaskan, keberadan para alumni fakultas dakwah telah pula mewarnai berbagai lini.

"Masing-masing menjalankan peran dan tugasnya dalam menyuruh pada yang baik dan meninggalkan yang munkar. Jadi reuni dan diskusi ini diharapkan dapat semakin mempererat hubungan silaturahmi antara para alumni," kata dia.[sri]










Baca juga:
HARNOJOYO JELASKAN PEMBERIAN PLANG NAMA 'SUDIRMAN WALK'
FITRIANTI AGUSTINDA TAK DAPAT MENAHAN AIR MATA
ANDIK LPKA PAKJO KEDATANGAN SOSOK IBU DARI WAKIL WALIKOTA
SARAN NETIZEN UNTUK DESAIN AMPERA SKATE PARK
STOK AIR BERSIH TERJAMIN SELAMA ASIAN GAMES DI PALEMBANG


Komentar Pembaca






Berita Populer

Orang Ini Disebut Juara 1 Koruptor di Indonesia
Ida Fitriati Jadi Calon Tunggal PBB
Film G30S/PKI Boleh Ditonton Asal Lolos Sensor