Pipa PDAM OKU Banyak yang Bocor

Sosial  SELASA, 11 APRIL 2017 , 10:04:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Pipa PDAM OKU Banyak yang Bocor
RMOL. Untuk memperkecil kerugian akibat banyaknya titik-titik kebocoran pipa distribusi air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terus melakukan pengecekan pipa-pipa distribusi di wilayah ini. Khususnya dalam sepekan ini.

Dirut PDAM OKU, H Abikusno SE MM membeberkan bahwa hasil pengecekan pihaknya di lapangan, terpantau saat ini banyak terdapat kebocoran.

Seperti halnya di beberapa titik di kawasan Sukaraya, Taman Sari, Sukawahya, dan Pasar Baru.

"Dari pengecekan awal, sudah ada 25 titik kebocoran yang kita pantau di daerah-daerah tersebut, saat ini kita masih memantau di sepanjang jalan lintas," katanya.

Dikatakan Abi, kebocoran tersebut, kebanyakan berupa kebocoran pipa-pipa induk distribusi. Serta pipa saluran rumah. Penyebabnya, dikarenakan pipa induk yang ada sudah berusia puluhan tahun dan masih terbuat dari pipa besi, sehingga rentan rusak/ bocor akibat dimakan karat.

"Untuk pipa induk yang bocor kita lakukan upaya perbaikan darurat sebelum nantinya dilakukan pergantian pipa induk baru yang terbuat dari bahan PPC. Sementara untuk kebocoran pipa saluran rumah atau pipa HDPE  langsung kita lakukan perbaikan dengan pipa saluran baru," ujarnya.

Dari perkiraan pihaknya, diperkirakan masih banyak titik-titik kebocoran lainnya. Mengingat itu tadi, banyak pipa distribusi induk yang sudah tua.

Oleh karena itu, pihaknya pun sudah membentuk tim Satgas pemantau/ pengecek titik kebocoran air, yang dlangsung diketuai dirinya.

Adapun tugas tim Satgas ini, selain memantau dan mencari titik-titik kebocoran air, juga langsung melakukan upaya perbaikan. Sehingga diharapkan titik kebocoran air akan semakin berkurang. [yip]

Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00