RMOLSUMSEL

Home     


SIAPKAN UNTUK KEJURDA DAN PORPROV, PERCASI JARING ATLET CATUR
SABTU, 08 APRIL 2017 , 14:12:00 WIB
LAPORAN: SADAM MAULANA

  

RMOL. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Palembang menggelar seleksi atlet di Akademi Catur Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (8/4). Penjaringan dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini hingga besok, Minggu (9/4).

Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Percasi Palembang Darmawan mengungkapkan, seleksi yang dilakukan bertujuan untuk menjaring atlet terbaik dari berbagai penjuru daerah.

Seleksi juga terbuka untuk umum tanpa batasan usia. Sementara yang terpilih akan dikirim pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sumsel yang dilaksanakan pada 27 April mendatang.

"Hari ini pembukaan seleksi atlet catur Kejurda. Kami berharap dari seleksi ini akan terjaring atlet-atlet terbaik yang dapat mewakili kota Palembang," ungkapnya.

Selain Kejurda, kata Darmawan, atlet terpilih juga akan mewakili kota Palembang pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel, 18-26 November mendatang. Dimana untuk seleksi kali ini ada 50 peserta yang bersaing untuk berbagai kategori.

"Kami cukup antusias dengan banyaknya peserta seleksi. Kami juga merasa kagum karena olahraga ini (Catur) termasuk untuk melatih mencerdaskan otak dan menghindari kepikunan," kata dia.

Seleksi yang dilakukan diperuntukan bagi atlet Catur Senior dan Junior. Masing-masing kategori akan terjaring lima atlet, baik putra maupun putri. Sementara untuk Porprov, Percasi akan mengirim tujuh wakil di masing-masing kategori.

"Jadi yang terpilih nanti masing-masing lima atlet, kategori Senior Putra, Senior Putri, Junior Putra dan Junior Putri. Untuk Junior itu dibedakan lagi dengan kategori usia 6-12, 12-15 dan 15-17 tahun," ungkap Sekretaris Pengcab Percasi Palembang Anharuddin.

Untuk tahapan seleksi, jelas Anharuddin, dilakukan sistem tujuh babak. Artinya, masing-masing peserta akan menghadapi tujuh lawan berbeda. "Peraih poin terbanyak dipastikan lolos dan dia yang akan mewakili kota Palembang," jelasnya.

Pada seleksi ini, turut hadir Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Sumsel Badrullah Daud Kohar. Untuk para peserta dia berpesan agar atlet tidak memikirkan uang, melainkan ajang mencari prestasi.

"Catur merupakan olahraga yang menguji kecerdasan otak. Karena untuk menjadi atlet catur tidaklah mudah, kecerdasan diatas rata-rata dengan memiliki IQ diatas 125. Karena itu peserta harus mengedepankan prestasi dibandingkan uang," tuturnya. [yip]


Baca juga:
PASAR SENI PALEMBANG DIGELAR SEBULAN PENUH
SATPOL PP BONGKAR BANGUNAN LIAR SEPANJANG KAWASAN BANDARA
PERTAMA DI SUMSEL, PALEMBANG EMAS BERKIBAR DI PUNCAK CARSTENZ PYRAMID
PERINDO INGIN KESEJAHTERAAN DIRASAKAN SELURUH LAPISAN
BUNGA DARI WALIKOTA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Tim Sepakbola PALI Seperti Dikebiri
Terus Semangat, Sriwijaya FC Ikut Turnamen Walikota Padang
Muba Tantang OKI di Laga Perdana