Kemenkominfo Siap Promosikan Produk UMKM Via Online

Ekonomi  JUM'AT, 31 MARET 2017 , 22:32:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Kemenkominfo Siap Promosikan Produk UMKM Via Online

Hari UMKM/RMOLSUMSEL

RMOL. Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) siap memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mengembangkan usahanya. Melalui kegiatan hari UMKM Nusantara, kepada RMOL Sumsel, Mentri Kominfo Rudiantara mengatakan, hari ini menjadi hari yang tepat untuk lebih mempromosikan produk UMKM Indonesia melalui platform digitak kementrian Koperasi dan UKM bersama Kominfo beserta stakeholder.

"Kami akan memfasilitasi UMKM melalui platform digital. Kami akan berusaha memberikan dukungan penuh kepada UMKM dalam mempromosikan produk �"produknya," ujarnya disela-sela kegiatan peringatan hari UMKM Nusantara yang diselenggarakan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Jumat (31/3).

Rudi mengatakan, akan ada pilihan portal jual beli yang siap memfasilitasi pelaku UMKM dalam mempromosikan jenis usahanya. Hal ini masuk salah satu inisiatif kegiatan adalah gerakan pengonline an 100.000 UMKM yang dimotori  oleh Nurbaya Initiatives, lembga yang focuk peda pembangkitan UMKM Go Digital yang dilaksanakan secera serentak di 30 kota dan kabupaten dalam periode 31 Maret hingga 2 April 2017.

"Pengonline an ini, sebagai bentuk komitem kami sebagai pihak pemerintah dalam memajukan UMKM di Indonesia sebagai salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Pemerintah berkomitmen untuk mengonlinekan 8 juta UMKM sampai tahun 2020, dan diharapkan pada akhir 2018 nanti setidaknya sebanyak 2 juta UMKM sudah go online," sampainya.

Tujan pengonline an 100.000  UMKM ini membantu mewujudkan komitmen pemerintah dalam mengoptimalkan penjualan produk UMKM melalui platform digital.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada UMKM di daerah untuk siap bersaing dan eraih pasa lebih luas dengan bantuan dan fasilitasi oleh pemerintah dan instansi terkait,” tegasnya.

Pengonline an ini memberikan beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM yang mengikuti gerakan 100.000 UMKM go online diantara lain,  distribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar dalam 1x 24 jam, inkorporasi RKB, transformasi dari unbanked ke banked (finacial inlusion).

Tidak itu saja, kesempatan membuat NPWP serentak untuk seluruh pelaku UMKM juga akan dionline.

"Sampai saat ini inklusi finansial di Indonesia masih belum maksimal.Sekitar 60% masyarakat belum memiliki rekening bank, termasuk pelaku UMKM," bebernya.

Membangun kewirausahaan nasional dengan mengonlinekan 100.000 UMKM serentak akan dilakukan Nurbaya Initiative berkerja sama dengan Pt Pos Indonesia dengan mengerakan 25.000 karyawan yang dilatih menjadi digital fasilitator untuk membantu pengonlinenan  UMKM.

"Proses pengonlinean dilakukan peserta dengan mendatangi lokasi tempat registrasi baru UMKM online untuk diperiksa kelengkapan data dan persyaratannya sebelum diproses menjadu UMKM online," ulasnya.

Dalam kesempatan ini, pendaftaran UMKM go online juga bisa dilakukan mengisi formulis online di http://umkmonline.id atau dengan mengirim SMS ke nomor 081310018008 dengan format nama umkm,lokasi, produk/service yang ditawarkan.

"Manfaat lain dari pengonline an ini selain mendapat domain (.id) dan hosting gratis, peserta juga dapat memasrkan produk UMKM yang telah di onlinekakan di market palce terkemuka (tokopedia,bukalapak, blibi, elevenia,blanja)," tandasnya.[rik]



Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00