Dewan PALI Prediksi Pilkades Lancar Tapi Tetap Waspada

zero page  SENIN, 27 MARET 2017 , 17:39:00 WIB

Dewan PALI Prediksi Pilkades Lancar Tapi Tetap Waspada

foto RMOLSumsel

RMOL. Gaung pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten PALI yang dilaksanakan secara serentak pada 4 April 2017 mendatang mulai terasa,di 18 desa yang bakal ikuti Pilkades serentak,sudah banyak baliho bertebaran di penjuru desanya. Foto-foto calon kepala desa lengkap dengan nomor urutnya terpampang hampir di seluruh rumah-rumah warga.

Namun, walaupun pelaksanaan Pilkades tinggal menghitung hari, suhu perpolitikan di PALI tetap terlihat tenang. Dari awal rangakaian pelaksanaan Pilkades, tak ada kabar miring atau permasalahan yang timbul di tengah proses pelaksanaan Pilkades yang bakal digelar.

Hal inilah, diprediksi Kepolisian Resort (Polres) Muara Enim bahwa Pilkades serentak di PALI bakal berjalan damai, terbukti merela hanya menurun 190 personilnya, dimana tiap-tiap desa ditempatkan hanya dua anggota kepolisian. Sisanya disiapkan untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Diungkapkan anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI Abdul Wahab, melihat situasi yang cukup tenang saat ini, proses Pilkades bakal berjalan lancar.

"Semoga ketenangan jelang Pilkades bisa berlangsung sampai Pilkades selesai. Bila ini tidak ada masalah dan aman terkendali maka apa yang dihasilkan nanti dipastikan melahirkan kepala desa sesuai dengan yang diharapkan masyarakat yakni amanah dan berkinerja baik," ucapnya kepada RMOLSumsel, Senin (27/3).

Ditambahkan Aka Kholik Darlin, juga anggota komisi I DPRD PALI, sebagai mitra dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), dirinya sangat mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten PALI dalam pelaksanaan proses Pilkades serentak.

"Meski Kabupaten kita masih baru,tapi saya lihat Pemkab mampu laksanakan Pilkades perdana secara serentak. Ini terbukti bahwa, tidak adanya permasalahan sampai detik ini mengenai Pilkades," jelasnya.

Walaupun demikian, sambung politisi PPP ini menghimbau agar tetap harus diwaspadai. Pilkades sangat rentan dengan benturan antar pendukung.

"Pilkades beda dengan Pilkada atau Pemilu, dimana ruang geraknya menyempit yakni dalam satu desa bersangkutan yang mengikuti Pilkades. Tentu ini cukup rentan akan terjadinya gesekan antar pendukung. Hal inilah yang harus diwaspadai kita semua," himbaunya.

Aka Kholik juga berharap warga yang desanya ikuti Pilkades serentak untuk tetap jaga persatuan dan keamanan lingkungannya masing-masing.

"Ini adalah pesta demokrasi,jadi pasti ada yang gagal. Diharapkan warga tetap tenang, jaga persatuan untuk wujudkan Pilkades serentak berjalan damai agar hasilkan kepala desa yang benar-benar pilihan rakyat," harapnya. [rhd]


Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00