UGM, Unpad dan IPB Dukung Pembangunan Banyuasin

KABUPATEN BANYUASIN  JUM'AT, 24 MARET 2017 , 10:10:00 WIB

UGM, Unpad dan IPB Dukung Pembangunan Banyuasin

Penyerahan Cinderamata/Istimewa

RMOL. Tiga Perguruan Tinggi ternama di Indonesia melakukan kerjasama dengan Pemkab Banyuasin. Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) sepakat melakukan penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin pada pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan yang mengusung tema “melalui musrenbang RKPD kita optimalkan pemanfaatan sumber daya pembangunan yang berkelanjutan untuk mewujudkan banyuasin terdepan, berdaya saing dan mandiri” ini digelar di Gedung Graha Sedulang Setudung (GSS) Pemkab Banyuasin, Kamis (23/3).

Kesepakatan kerjasama yang dilakukan merupakan kerjasama pendampingan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Banyuasin, meliputi kerjasama dengan IPB dalam hal pembangunan pertanian, pengembangan benih unggul, pengembangan peternakan Sapi, desa konservasi dan inovaai lainnya disektor pertanian. Selanjutnya kerjasama dengan UNPAD dalam hal pengembangan pedesaan dan pemerintahan desa. Dan yang terakhir kerjasama dengan UGM yang menyangkut pengembangan kapasitas aparatur pemerintahan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah  dan Litbang (Bappeda litbang) Ir. Zulkifli Idrus, MTP dalam laporannya mengatakan pentingnya dilakukan kegiatan musrenbang ini. “Kegiatan Musrenbang ini mempunyai arti yang sangat penting bagi pembangunan Kabupaten Banyuasin, untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang akan datang dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mekanisme perencanaan, sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” jelas Zulkifli.

Lebih lanjut Zulkifli mengatakan Musrenbang digelar bertujuan untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi dan Nasional.

“Pemkab mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah, Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah kabupaten, dan setelah itu menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah,” jelasnya.

Setelah itu terdengar pemukulan gong tanda diresmikannya pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSREMBANG) RKPD Kabupaten Banyuasin. Dan, dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara Rektor UNPAD – Wakil Bupati selaku Plt. Bupati Banyuasin; MoU antara Project Direktor Kelola Sendang (Sembilang – Dangku) – Wakil Bupati selaku Plt. Bupati Banyuasin; MoA antara Kepala Pusat Study LP3AN Unpad – Kepala Bappeda dan Litbang Kab. Banyuasin; MoA antara Kepala Pusat Study Ekonomi dan Kebijakan Publik UGM – Kepala Bappeda dan Litbang.[rel/bubun/rik]



Komentar Pembaca
Gibran, Pemuda Dengan Tulang Punggung yang Muda Membungkuk
Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

Tim Ekonomi Jilid Satu Harus Dirombak Total

SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 15:16:32

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

MINGGU, 13 OKTOBER 2019 , 20:51:12

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00