RMOLSUMSEL

Home     


FESTIVAL SENI DAN BUDAYA PALI
MENDIKBUD TERPUKAU, PAK MENTERI JANJI BANTU BUPATI
KAMIS, 23 MARET 2017 , 11:36:00 WIB
LAPORAN:

FOTO WAHARI RMOLSUMSEL
  

RMOL.  Tari Candi Bumi Ayu mampu memukau Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy saat datang dan menyaksikan festival seni dan budaya di komplek candi Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Kedatangan Mendikbud ke Candi Bumi Ayu merupakan jadwal akhir kunjungannya ke Bumi Serepat Serasan, setelah sebelumnya menghadiri beberapa rangkaian acara di Kabupaten PALI serta meninjau beberapa sekolah.

Ketika menyampaikan sambutannya, Mendikbud mengajak seluruh pihak agar bahu-membahu mendorong pembangunan di dunia pendidikan.

"Pembangunan pendidikan maju tidak cukup pada kementerian pendidikan tapi perlu dukungan semua pihak. Namun, kami juga akan tetap memperhatikan dan terus berusaha membangun dan meningkatkan dunia pendidikan," ajaknya.

Mendikbud juga akan mendorong Candi Bumi Ayu agar lebih dikenal lagi. Dia melihat Bupati Heri Amalindo memiliki komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap budaya dan wisata di Kabupaten PALI.

"Kami juga akan berkomitmen tinggi untuk kembangkan cagar budaya termasuk Candi Bumi Ayu agar lebih dikenal dan banyak mengundang wisatawan datang ke PALI," janjinya.

Kedatangan Menteri Muhadjir Effendy bersama Wakil Gubernur Ishak Mekki dan Bupati Heri Amalindo beserta rombongan lainnya mendapat antusias yang cukup tinggi.

Seluruh sekolah di Bumi Serepat Serasan yang dilewati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy juga cukup antusias menyambut Mendikbud datang ke Bumi Serepat Serasan.

Seluruh pelajar berjejer di pinggir jalan sambil lambaikan tangan sambut kedatangan Mendikbud,yang hari ini,Senin (20/3) mengunjungi Kabupaten PALI dalam rangka kunjungan kerjanya.
Sesekali pelajar berteriak ucapkan selamat datang kepada Muhadjir Effendy yang melintasinya.

"Selamat datang pak menteri di Kabupaten PALI," teriak murid sekolah dasar yang berjajar di pinggir jalan disekitar sekolahnya.

Tak hanya melambaikan tangan, ada beberapa sekolah yang secara kreatif menampilkan marching band menyambut kedatangan Mendikbud, seperti di salah satu sekolah dasar di Kecamatan Tanah Abang, ketika Mendikbud masuk ke areal Candi Bumi Ayu.

Bukan itu saja puluhan pelajar sekolah dasar dan beberapa warga kecamatan Tanah Abang rela naik atap gedung di samping panggung pentas seni di lokasi Candi Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang demi melihat langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy yang datang ke lokasi Candi kuno satu-satunya yang ada di provinsi Sumsel.

Pentas seni sendiri digelar di dalam lokasi Candi Bumi Ayu,dengan menampilkan berbagai kesenian khas Kabupaten PALI dan menceritakan sejarah candi tersebut melalui tarian serta lagu yang ditunjukan oleh sanggar seni yang ada di kecamatan Tanah Abang.

Kunjungan kerja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy di Bumi Serepat Serasan ini juga mendapat sambutan positif karena
mampu menambah gairah di masyarakat.

Meski terbilang Daerah Otonomi Baru (DOB) yang masih berusia seumur jagung, namun Kabupaten PALI mampu jadi perhatian pemerintah pusat dengan datangnya Mendikbud.

Keberhasilan datangkan Mendikbud di Kabupaten PALI tak lepas dari peran Bupati PALI Heri Amalindo yang menunjukkan keseriusannya akan keinginannya untuk memajukan Bumi Serepat Serasan terutama di bidang pendidikan.

Pujian pun terhadap Heri Amalindo datang dari komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PALI atas suksesnya kedatangan Mendikbud.Apalagi kedatangan sang menteri banyak memberikan bantuan terhadap dunia pendidikan di Bumi Serepat Serasan.

"Kita apresiasi tinggi kunjungan menteri ke PALI, ini bukti keseriusan Bupati yang mampu melobi pemerintah pusat,dimana bisa langsung melalui Mendikbud meninjau ke PALI," ungkap Aka Kholik Darlin, anggota Komisi I. [adv]


Baca juga:
CEGAH PERNIKAHAN DINI AMPUH POTONG LAJU PERTUMBUHAN PENDUDUK
CARI IKAN DISUNGAI, PULANG BAWA PITON SEMBILAN METER
DULU PERNAH DITANGKAP BELANDA, KINI KAKEK ALI KAYUH SEPEDA TANPA BAN
NYARIS ROBOH, TAPI PT TELKOM 'CUEK BEBEK'
HEBAT, ANAK SD GALI LEGENDA BUMI SEREPAT SERASAN PAKAI INI..


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

8 Fraksi DPRD Palembang Setujui LKPJ 2016
Muara Enim Raih Anugerah Pangripta Nusantara 2017