Dinas Pertanian Banyuasin Punya Solusi Untuk Petani

Laporan: Bubun Kurniadi

KABUPATEN BANYUASIN  RABU, 15 MARET 2017 , 07:57:00 WIB

Dinas Pertanian Banyuasin Punya Solusi Untuk Petani

Kepala Dinas Pertanian Banyuasin, Babul Ibrahim/RMOL

RMOL. Dinas Pertanian Banyuasin, uji coba menanam tanaman sahang dan berhasil jadi komuditas terbaru, guna antisipasi turunnya harga karet di Kabupaten Banyuasin.

Hal itu di ungkapkan, Kepala Dinas Pertanian Banyuasin, Babul Ibrahim mengatakan memang kita prihatin dengan mereka yang berkebun karet dimana harga karet tersebut tidak bisa diprediksi kadang harganya tinggi terkadang juga harganya murah.

"Pihak kita mencari solusi agar mereka yang berkebun karet tidak kehilangan mata pencarian jika harga karet murah, saat ini kita sudah uji coba menanam sahang diwilayah talang ipuh Banyuasin, umurnya sudah hampir satu tahun,"kata Babul kepada RMOL Sumsel, Selasa (14/3/2017).

Sejauh ini, masih katanya, testur tanah di banyuasin juga cocok untuk di tanami biji sahang, terbukti dengan apa yang telah di uji coba dan apa yang pihak kami lakukan ini merupakan terobosan serta inisiatif dari pihak kami sendiri.

"Kalau yang sudah di tanam tidak banyak hanya seluas 1/4 hektar saja. Alhamdulillah cukup berhasil untuk saat ini, pertumbuhannya produktif" sambungnya.

Oleh karna itu, dengan adanya komuditas baru ini, masyarakat banyuasin yang seringkali bingung untuk penghasilannya dan perekonomiannya jika harga karet anjlok, dapat dijadikan solusi bagi masyarakat untuk mengatasi hal itu.

"Ini alternatif bagi para petani, jadi bagi para petani bisa menanam sahang jika harga karet anjlok, mereka tidak perlu memotong pohon karetnya lagi itu yang pernah terjadi, kita selaku pihak Dinas Pertanian Banyuasin, siap untuk membantu,"pungkasnya. [yip]



Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00