Giat Berlatih, Tim Gabungan OKI Siap Wujudkan 'Sumsel Zero Asap 2017'

 JUM'AT, 10 MARET 2017 , 20:17:00 WIB

Giat Berlatih, Tim Gabungan OKI Siap Wujudkan 'Sumsel Zero Asap 2017'

Simulasi penanggulangan karhutla/RMOLSumsel-darfian

RMOL. Sebanyak tiga warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)  tewas dalam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kawasan Sepucuk, Kayuagung.  Tidak itu saja. Tujuh warga lagi mengalami luka bakar dan lima lainnya dinyatakan hilang.

Kejadian tewasnya tiga warga dan tujuh warga OKI lainnya yang mengalami luka-luka serta lima orang hilang itu diketahui saat adanya pelaksanaan simulasi Kodiklat TNI bersama pihak perusahaan, BPMPD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dispora, BPBD, Manggala Agni, TNI serta intansi terkait lainnya, Jum'at (1/3).

Simulasi yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Sepucuk dan GOR Perahu Kajang tersebut melibatkan ratusan personel gabungan. Skenarionya, ada karhutla yang secara tiba-tiba menjalar ke pemukiman warga.  Selanjutnya, petugas gabungan langsung bertindak cepat dengan melakukan pemadaman.

Ternyata walaupun telah dipadamkan, petugas gabungan juga mendapatkan masalah lantaran warga  mengalami kelaparan. Petugas pun harus bertindak cepat dan membawa warga ke pengungsian.

Pelaksanaan simulasi dibimbing oleh pihak Kodam II/Sriwijaya dan Kodiklat TNI ini yang berlangsung selama dua hari.

Komandan Pusat Latihan Kodiklat TNI Marsekal Pertama TNI Timbang Sembiring didampingi Direktur Latihan Brigjen TNI Awaludin menyatakan,  latihan dan simulasi ini dimaksudkan untuk menguji kesiapsiagaan operasional personel gabungan. Merka harus siap untuk melaksanakan tugas pencegahan dan menanggulangi bencana alam karhutla.

Setelah dilatih, kata dia, personel gabungan ini akan siap diturunkan ke lapangan guna mengantisipasi karhutla pada 2017.

”Simulasi ini kita lakukan agar kita siap dan siaga dalam menghadapi karhutla tahun ini, terutama di wilayah OKI,” ucapnya.

Apalagi ke depan Sumsel akan jadi tuan rumah Asian Games 2018, sehingga seluruh elemen harus mendukung serta menginginkan Sumsel zero asap.

“Peran serta seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan, terutama melakukan pencegahan secara dini dan deteksi dini guna penanggulangan karhutla di OKI. Ya, tahun ini diperkirakan akan ada musim kemarau panjang sehingga perlu kewaspadaan maksimal sejak dini dari pihak-pihak terkait secara bersamaan,” ujarnya. [darfian/ida]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00