RMOLSUMSEL

Home     


RINGKUS 5 TUKANG PARKIR ILEGAL
TIM SABER PUNGLI TEMUKAN SURAT TUGAS DARI LURAH
RABU, 15 FEBRUARI 2017 , 14:44:00 WIB
LAPORAN: DEDE SUHEN

PELAKU PUNGLI PARKIR/RMOLSUMSEL/DEDE SUHEN
  

RMOL. Anggota Opsnal Satuan Intelkam Polres Prabumulih yang tergabung dalam tim sapu bersih (Saber) pungutan liar (Pungli) Kota Prabumulih amankan lima pelaku pungli parkir ilegal yang beraksi disepanjang Jalan Padat Karya Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Kelima pelaku yang diamankan yakni Heri Agusnadi (39) dan Febriandi Saputra Warga Jalan Padat Karya RT 04 RW 01, Aldo Karisma (17) Warga Perumnas 4, Jaya Wijaya (18) dan Sendi Anugrah (15) Warga Dusun Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur.

Atas perbuatannya tersebut, kelima pelaku beserta barang bukti yang diamankan uang sebesar Rp 13 ribu, 2 buah peluit dan 1 lembar surat tugas yang dikeluarkan oleh Lurah Gunung Ibul, Sudirman, diamankan ke Mapolres Prabumulih.

Menurut informasi, penangkapan kelima pelaku bermula dari patroli rutin yang dilakukan anggota Opsnal sat intelkam Polres Prabumulih  yang tergabung dalam tim saber pungli yang mendapati dua pelaku Aldo dan Sendi ‎sedang melakukan pungli berkedok parkir kepada pengguna kendaraan bermotor yang parkir di kawasan Jalan Padat Karya.

Kemudian petugas melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan kembali 2 orang pelaku pungli atas nama Febri dan Jaya serta seorang koordinator pungli atas nama Heri.

Para pelaku beserta barang bukti kemudian diamankan ke Mapolres Prabumulih guna pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara, Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti didampingi Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi melalui Kasat Intel, AKP Candra B kepada RMOL Sumsel, Rabu (15/2).

"Benar sekali, para pelaku sudah kita amankan dan saat ini tengah dalam pemeriksaan," ungkapnya.

Kasat Intel menyebutkan, bahwa aksi pungli tersebut dikoordinatori oleh tersangka Heri. Dimana, setiap bulannya para pelaku menyetor  uang ke sejumah Ketua RT setempat.

"Dari pengakuan Heri, uang parkir tersebut disetorkan ke Ketua RT 4 RW 1 atas nama Tono sebesar Rp 300.000/bulan, lalu ke Ketua RT 06 RW 01 atas nama Siswadi sebesar Rp 100.000 per bulan dan kepada Ketua RT 05 RW 01 atas nama Edi Hartono sebesar Rp 100 ribu per bulan," terangnya.

Lebih lanjut, kata Kasat Intel, dari keterangan para pelaku juga bahwa parkir ilegal tersebut telah mendapat izin dari Lurah Gunung Ibul dengan dikeluarkannya surat tugas untuk para pelaku.

"Di surat tugas yang dikeluarkan Lurah Gunung Ibu tersebut terdapat sepuluh petugas parkir dengan koordinatornya tersangka Heri. Disana disebutkan bahwa uang setoran yang dibayar setiap bulan akan dimasukkan ke Kas RW 01 untuk dipergunakan kegiatan hari-hari besar dikelurahan tersebut," bebernya. [rik]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Harta Orangtua Dikuras, Pasutri Ini Masuk Jeruji
Setubuhi Gadis Dibawah Umur, Pegawai PLN Ini Terancam 15 Tahun Penjara
Jual Sabu, Tukang Ojek Diamankan Beserta Istri dan Ipar