Dongkrak Ekonomi Rakyat Melalui Sektor Pariwisata

Heri Amalindo Bakal Tata Candi Bumi Ayu

advertorial  SENIN, 13 FEBRUARI 2017 , 12:14:00 WIB | LAPORAN:

Dongkrak Ekonomi Rakyat Melalui Sektor Pariwisata

para penganut hindu sedang berdoa di Candi Bumi Ayu, KABupaten PALI

RMOL. Keberadaan Candi Bumi Ayu di wilayah Bumi Serepat Serasan yang terletak di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah[KANAN]1486963152.jpg[/KANAN] Abang membuka peluang percepatan pembangunan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang tahun ini memasuki usia ke-empat.

Harta karun yang terpendam lama ini merupakan candi Hindu tua satu-satunya yang berada di provinsi Sumatera Selatan,yang ternyata tidak terlepas dari sejarah kerajaan Sriwijaya.

[KIRI]1486963105.jpg[/KIRI] Candi yang sempat dijadikan tempat kegiatan keagamaan bagi umat Hindu ini yakni upacara entas-entas atau mensucikan arwah leluhur umat Hindu serta Silakrama Guru Wisesa (Silaturahmi dengan Pemerintah dan umat Hindu), kedepannya bisa menarik minat wisatawan serta umat Hindu untuk melakukan ibadah rutinnya di Candi Bumi Ayu.

Untuk mendongkrak daya tarik candi tersebut,pemerintah Kabupaten PALI berencana bakal meningkatkan beberapa fasilitas yang berada didalam area candi,untuk menambah kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung objek situs bersejarah tersebut.

"Kedepan kita akan tambah fasilitas agar pengunjung lebih tertarik untuk datang ke Candi Bumi Ayu.Apalagi apabila umat Hindu rutin melakukan kegiatan ibadahnya di Candi tersebut[KANAN]1486963128.jpg[/KANAN] pastinya sekitar Candi bakal ramai dan masyarakat pun akan menikmati manfaatnya.Dengan ditambahnya fasilitas nantinya diharapkan membuat nyaman seluruh pengunjung baik wisatawan maupun umat Hindu yang beribadah," ungkap Bupati PALI Heri Amalindo.

Ditambahkan Bupati,tahun 2018 provinsi Sumsel menjadi tuan rumah Asian [KIRI]1486963045.jpg[/KIRI] Games,dengan penataan dan penambahan fasilitas,Candi Bumi Ayu nantinya menjadi salahsatu tujuan wisata pengunjung Asian Games mendatang.

"Kita harus bisa manfaatkan ajang Asian Games,agar pengunjung dari berbagai penjuru dunia bisa mengenal PALI dan bahkan bisa datang ke sini.Dengan penataan dan penambahan fasilitas serta promosi yang maksimal,Candi yang menjadi ikon Kabupaten ini bisa mendatangkan banyak wisatawan,yang nantinya bisa mendongkrak ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata," harapnya. [ADV]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00