Satwa di SM Gunung Raya OKU Mulai Dimonitor

Ragam  KAMIS, 02 FEBRUARI 2017 , 17:07:00 WIB

Satwa di SM Gunung Raya OKU Mulai Dimonitor

foto ziplan/ rmolsumsel

RMOL. Usai adanya temuan hewan langka masuk ke pemukiman, Univeritas Sriwijaya (Unsri) dari Fakultas Mipa Biologi dan GIZ-Biocrime bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memonitoring keberadaan satwa di kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Gunung Raya.

Monitoring satwa ini dipusatkan di kawasan Gunung Kukusan SM Gunung Raya, Kecamatan Warkuk Ranau selatan, OKU Selatan.

Kepala BKSDA resort SM Gunung Raya, Herman, saat dibincangi, Kamis (2/2) mengatakan, monitoring tersebut untuk mengetahui dengan cepat keberadaan satwa yang ada.

"Mereka dari Universitas Sriwijaya yang datang ini diketuai dr Arum setiawan berlangsung selama 3 hari ini. Sejumlah camera trap telah dipasang di kawasan yang telah kita pilih, guna cepat memonitoring keberadaan beberapa satwa liar. Terutama satwa yang dilindungi undang-undang," katanya.

Herman mengatakan, pihaknya tidak memungkiri jika keberadaan akan satwa liar di kawasan hutan suka margasatwa tersebut memang sudah mulai terancam keberadaanya.

"Maka dari itu kita terus pantau keberadaanya, keanekaragaman flora dan fauna  di hutan ini. Kegiatan ini sekaligus untuk menyusun data base keanekaragaman fauna di Sumatera Selatan" katanya.

Herman meminta kepada masyarakat untuk tidak merusak keberadaan hutan SM Gunung Raya .

"Hutan SM Gunung raya memiliki luas sekitar 44 ribu hektare.  Mari kita jaga kelestariannya. Jangan sampai kita merusaknya. Serta melindungi fauna yang dilindung dihutan suaka margasatwa ini," ajaknya. [ziplan/ rhd]

Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00