RSUD HM Rabain Songsong Akreditasi B+

Oleh:Edwinsah Satria

Politik  SELASA, 17 JANUARI 2017 , 20:13:00 WIB

RSUD HM Rabain Songsong Akreditasi B+

Pembukaan penilaian akreditasi di Aula Serbaguna RSUD Rabain/RMOLSUMSEL

RMOL.Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mulai melakukan penilaian terhadap fasilitas dan pelayanan di RSUD HM Rabain Muara Enim. Rencananya tim KARS yang diketuai oleh dr Hendri Boyke Sitompul Sp.B,FICS dan beranggotakan dr Tri Wahyu Kusumawati, MARS dan Rosdiana Zega, S.KP. MKEP melakukan survey penilaian selama 3 hari kedepan (17-19 Januari).

Hasil penilaian tim KARS ini akan menjadi dasar untuk menentukan, apakah rumah sakit kebanggaan milik masyarakat Bumi Serasan Sekundang layak meningkat akreditasi versi 2012 dari type C menjadi Type B+.

Pembukaan penilaian akreditasi ini digelar di Aula Serbaguna RSUD Rabain, Selasa (17/1) dengan hadiri langsung oleh Bupati Muara Enim, H Muzakir Sai Sohar, Wakil Bupati H Nurul Aman, Sektararis Daerah H Hasanudin beserta unsur Forpimda dan sejumlah kepala SKPD terkait.

Dalam kesempatan itu, Bupati Muzakir menuturkan dengan fasilitas dan kemampuan managemen serta tenaga medis, RSUD HM Rabain sangat siap menyambut penilaian untuk mendapatkan akreditasi rumah sakit versi 2012 dari type C naik ke type B+. Meski begitu, Bupati berharap penilaian yang dilakukan tim surveyor terhadap semua hal tetap dilakukan secara objektif dan realita.

"Akreditasi B+ bagi RSUD  sangat kita nantikan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, namun kami berharap tim penilai bertindak secara objektif dan realita, kalau kurang jangan dipaksakan,"tutur Bupati.

Bupati mengakui RSUD Rabain terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan medis pasien diantaranya dengan menambah pembangunan gedung baru dan peralatan medis. Meski demikian, Bupati menyebut untuk mendapat akreditasi A, RSUD Rabain masih belum layak.

"Meraih akreditas tipe A masih jauh, perlu upaya kerja keras dari managemen dan pemerintah daerah,"jelasnya.

Bupati berharap, RSUD Rabain dapat lulus akreditasi B+ versi 2012 dari KARS sehingga dapat menjadi rumah sakit rujukan bagi warga sekitar Kabupaten Muara Enim, Lahat dan PALI.

"Sekarang RSUD Rabain sudah mampu melayani pasien cuci darah, tenaga medisnya didukung 15 dokter spesialis, tentunya kita terus berupaya sehingga warga Muara Enim dan sekitarnya tak perlu berobat jauh-jauh ke Palembang,"ungkapnya.

Sementara Diretur HM Rabain Muara Enim Dr H Suwandi Syafitra menambahkan upaya meningkatkan akreditasi rumah sakit sesuai dengan UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit bahwa seluruh rumah sakit harus terakreditasi, supaya rumah sakit bekerja dengan standar yang sudah ditentukan perundang-undangan.

"Sesuai Permenkes Nomor 56 tahun 2013, ada empat type Rumah Sakit yakni type A, B, C, dan D. Sedangkan untuk akreditasi ada lima tingkatan, yakni bintang satu, bintang dua, bintang tiga, bintang empat dan bintang lima (Paripurna),"ucapnya.[sri]

Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

Audiensi Panglima dan Wasekjen PBB

SELASA, 25 JUNI 2019 , 23:44:00

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

Jelang Putusan MK, JK Temui SBY..

RABU, 26 JUNI 2019 , 17:10:00