RMOLSUMSEL

Home     


KALAU BEGINI CARANYA, EKONOMI 2017 LESU
KAMIS, 12 JANUARI 2017 , 17:17:00 WIB
LAPORAN: RAHMAD RAMLI

YUSTIN KURNIAWAN SONDY
  

RMOL. Kebijakan ekonomi yang dilakukan Presiden Joko Widodo dengan menaikkan berbagai sektor di awal tahun membuat kepanikan tersendiri di masyarakat.

Beberapa kepanikan diantara harga cabe yang tinggi hingga mencapai Rp 100 ribu perkilo, terjadi aksi di kalangan mahasiswa yang menuntut penurunan bahan bakar minyak, terjadi kelesuan di sektor usaha.

"Di kalangan pemerintah, terhambatnya pembayaran gaji aparatur daerah. Istilahnya ada gejolak yang timbul akibat kebijakan naik serentak mulai tarif BBM, listrik, pajak kendaraan dan lainnya. Terus terang kalau begini caranya ekonomi 2017 akan lesu," ujar pengamat ekonomi dari Poltek Palembang Darussalam, Yustin Kurniawan Sondy kepada RMOLSumsel, Kamis (12/1).

Dosen kewirausahaan ini menuturkan, untuk saat ini pelaku usaha lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnisnya. Mereka lebih wait and see terhadap kebijakan pemerintah selanjutnya. Diharapkan gejolak ini bersifat sementara.

Untuk mengurangi dampak kenaikan harga cabe pemerintah harus dapat menekan konsumsi cabe atau mengganti dengan konsumsi cabe kering.

Selain itu pemerintah harus mengurangi belanja negara besar-besaran bidang infrastruktur yang menyedot uang negara. Penekanan penghematan untuk ASN dengan mengurangi perjalanan dinas.

"Kita krisis ini akan sementara kalau terus-menerus kan bisa bahaya," ujarnya. [rhd] 


Baca juga:
TIDAK PUNYA KETERANGAN BEBAS NARKOBA, ASN LAHAT TAK BISA GAJIAN
KEMENAG: AGEN TRAVEL MANA YANG DIPAKAI
BEGINI CARA BUPATI YAN MINTA UANG KE STAFNYA
SAYA MENGAKU SALAH
KIRMAN ANTARKAN UANG NAIK HAJI BUPATI YAN DI RUMAH PRIBADI


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Masyarakat Mulai Jenuh Masuk Mall Ini
Astra Motor Gelar Perayaan Kartini Bersama Lady Bikers
Masih Mahasiswa Tapi Sukses Berbisnis, Ikuti Trik Ini..