RMOLSUMSEL

Home     


PU AKAN TAMBAH MESIN POMPA UNTUK ATASI BANJIR DI PALEMBANG
KAMIS, 12 JANUARI 2017 , 14:42:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

KEPALA DINAS PU DAN PENATAAN RUANG KOTA PALEMBANG SAIFUL/RMOL
  

RMOL. Masalah banjir di Kota Palembang, menjadi masalah serius Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Penataan Ruang Kota Palembang. Dimana, untuk mengatasi genangan air yang rentan terjadi, penambahan pompa akan dilakukan pihaknya.

"Kita berencana akan menambah beberapa pompa. Khususnya untuk di muara Sungai Buah dan muara sungai yang ada di sekitar Pusri," jelas Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Palembang Saiful By kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, Kamis (12/1/17).

Lebih lanjut disampaikannya, selain dengan penambahan pompa, juga akan dilakukan pembenahan sistem sungai yakni Sungai Buah dan Sungai Bendung.

Dimana, untuk Sungai Bendung sekarang kan sedang disiapkan rumah pompa. Sedangkan untuk Sungai Buah itu nanti akan kita gandeng PT Pusri. Karena, kapasitas daya tampung sungai ini harus diperluas lagi dan lahannya banyak masuk ke wilayah Pusri.

"Kalau Sungai Buah bisa ditangani, maka genangan di kawasan Kalidoni, Sekojo itu bisa dikurangi," sampainya.

Upaya untuk mengurangi genangan air lainnya, adalah akan kembali ditambahnya kolam retensi. Meski tidak ada anggaran namun akan diupayakan untuk meminta bantuan dana dari pusat. Sehingga kolam retensi dapat dibangun.

"Belum ada target berapa banyak kolam yang akan dibangun. Karena untuk membangun kolam retensi anggaran cukup besar. Satu kolam saja untuk ukuran sedang Rp 500 juta, sedangkan untuk ukuran 1,5 hektare bisa menelan anggaran Rp 4,5 miliar," tandasnya. [yip]


Baca juga:
DANLANUD PASTIKAN 2 LAHAN MILIK TNI AU
DARI RIBUAN PNS PEMKOT, TAK SAMPAI 10 PERSEN BAYAR ZAKAT
MAHASISWA SUMSEL DESAK PEMERINTAH CABUT PP 60/2016
MENDAGRI: AHOK DIGANTI TERGANTUNG TUNTUTAN JAKSA
DISKOMINFO PALI AWASI PENGGUNA MEDSOS


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Isu Penculikan Anak, Ini Perintah Disdikbud Pada Sekolah
Tuh Kan, Hoaks! Ada Dalang yang Bikin Viral Isu Penculikan Anak
Kakek Pengayuh Sepeda Tanpa Ban Ini Akhirnya Tersenyum Lebar