Hadeuhhh!

Dari Ribuan PNS Pemkot, Tak Sampai 10 Persen Bayar Zakat

Sosial  KAMIS, 12 JANUARI 2017 , 14:09:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Dari Ribuan PNS Pemkot, Tak Sampai 10 Persen Bayar Zakat

net

RMOL. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang, sangat menyayangkan perhatian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam hal pembayaran zakat. Hal itu dilihat dari total 12.412 jumlah PNS hanya 0,8% saja yang sadar akan kewajiban tersebut.

"Kesadaran PNS (ASN) untuk membayar pajak masih kurang. Padahal, Bagi umat Islam besaran zakar sebesar 2,5 persen perbulan wajib hukumnya," jelas Wakil Ketua Bidang Pengelolaan Zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Palembang, Maruzi Tarmizi, kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, Kamis (12/1/17).

Lebih lanjut disampaikannya, pada tahun 2017 ini, sebesar Rp2 miliar. Dimana, angka tersebut lebib kecil dari jumlah PNS yang ada.

Agar target tersebut tercapai, dirinya berharap Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur serta mewajibkan bagi PNS untuk membayar zakat.

"Selama ini kita hanya menerapkan kesadaran saja. Tapi dengan adanya Perda, kita yakin dapat mencapai target," ulasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang SDM Baznas Palembang, Saim Marhadan, untuk penghimpunan dana melalui unit pengelolaan zakat (UPZ) dan langsung ke SKPD masing-masing.

"Ke depan jika Perda sudah disahkan, Insya Allah akan langsung dipotong melalui BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah)," jelasnya.

Sepanjang 2016 kata Saim, pendistribusian 8 Asnab, tetapi diprioritaskan bagi mustahik yang memiliki usaha kecil tetapi terkendala modal.

"Alhamdulillah kita membantu usaha kecil, setidaknya ada 120 UKM yang disalurkan," bebernya.

Sementara itu untuk jumlah mustahik ada 90 orang. Data tersebut sesuai hasil survey langsung ke lapangan.

"Mudah-mudahan target kita untuk mengubah mustahik menjadi muzakki bisa tercapai dan mengurangi jumlah mustahik yang ada," tandasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00