RMOLSUMSEL

Home     


BBM PENGARUHI KEBUTUHAN POKOK DI PALEMBANG TAPI TIDAK HARGA CABAI
KAMIS, 12 JANUARI 2017 , 07:54:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

NET
  

RMOL. Tidak hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang mengalami kenaikan di tahun 2017 ini, karena berdasarkan pantauan Rakyat Merdeka Online Sumsel, ada beberapa bahan kebutuhan pokok di pasaran mengalami kenaikan.

Seperti harga daging ayam broiler kembali naik dari Rp28 menjadi Rp33 ribu, dan minyak goreng curah naik Rp300 per liter nya.

"Untuk bahan kebutuhan pokok, ada beberapa yang naik tapi tidak seluruh. Itu terjadi sejak kenaikan harga BBM," jelas Mirna salah satu pedagang di Pasar Sekanak, Rabu (11/1/17).

Meski terjadi kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok, untuk harga cabai merah keriting, saat ini malah mengalami penurunan.

Dimana harga cabai merah kriting di pasar tersebut, tidak seperti harga cabai di beberapa daerah di Indoenesia yang melenihi harga Rp100 ribu per kilogramnya.

"Harga cabai sekarang malah turun, dari Rp80 ribu sekarang harga cabai Rp65 ribu," terang beberapa pedagang di pasar tersebut.

Dikonfirmasi terkait kenaikan harga di pasaran, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Edwin Effendi mengatakan, memang ada beberapa kenaikan harga bahan kebutuhan pokok di pasaran.

"Memang ada kenaikan, tapi tidak seluruhnya. Dimana, berangsurnya kenaikan sembako dipicu kenaikan BBM dan tarif listrik, karena secara otomatis jika BBM naik akan berpengaruh pada kebutuhan lainnya yang mengalami kenaikan," jelasnya.

Edwin menerangkan, adanya kenaikan BBM dan TDL oleh pemerintah pusat akan sangat berpengaruh pada kebuthan masyarakat.

"Jika BBM naik maka biaya operasional naik. Tapi kita tidak dapat berbuat apa-apa, karena itu adalah kebijakan pemerintah pusat," tuturnya.

Menurutnya, hanya beberapa sembako saja yang mengalami  kenaikan namun untuk kebutuhan lainnya masih stabil, karena pihaknya terus melakukan pemantauan di lima pasar tradisional yang ada di Palembang.

"Kalau untuk cabai sudah berangsur normal, sekarang ini sudah Rp 65 ribu perkilogram, kenaikan cabai karena faktor cuaca, sehingga stok terbatas, bandingkan dengan daerah lain harga cabai cukup tinggi," sampainya.[sri]


Baca juga:


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kira-kira, Seginilah Besaran Gaji PPK
Transformasi Bank Sumsel Babel Membawanya Kembali Meraih ARA ke-3
Los Pasar Induk Bukan Milik Pedagang, Wabup: Saya Tahu..