RMOLSUMSEL

Home      RMOL Group


SELURUH BABINSA DIINGATKAN UNTUK JAGA NETRALITAS DI PILKADA
RABU, 11 JANUARI 2017 , 22:38:00 WIB
LAPORAN: HAFIZ AL - FANGKY

  

RMOL. Kepala Staf Kodam II/Sriwijaya Brigjen TNI Marta Taufik menegasakan,  dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2017  Kabupaten Muba, 15  Februari 2017, seluruh jajaran TNI harus bersikap netral.

Terutama Bintara Pembina Desa (Babinsa),  yang merupakan salah satu dari tiga pilar penting dalam menjaga keamanan,  terlebih pada saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“ Saya ingatkan, Muba saat ini melaksanakan Pilkada, maka itu Babinsa harus netral,” kata Brigjen TNI Marta Taufik dalam sambutannya pada Sosialisasi Bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades, dan Lurah Se-Muba serta Banyuasin di Opproom Pemkab Muba, Rabu, (11/1).

Dari itu, Jendral Bintang Satu ini menegaskan para  petugas keamanan seperti TNI dan Polri sesuai undang-undang memang tidak memiliki hak pilih. Sebab nanti kalau mereka memiliki hak suara,  dalam menegakkan hukum bisa tidak bersifat objektif.

 “Oleh karenanya sesuai kedudukan TNI maupun Polri dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri dan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, harus bersifat netral. Kedua lembaga ini menjaga keamanan bukan sebagai politik praktis,” terangnya.

Babinsa sendiri harus bersinergi dalam menjaga keamanan bersama Bhabinkamtibmas, Kades, dan Lurah. Sebab sesuai program Presiden Joko Widodo, tiga pilar tersebut sangat penting dan merupakan kekuatan yang harus dipelihara dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa dalam menjaga stabilitas negara.

“Sinergi yang dibentuk bukan hanya slogan atau euforia semata, namun dalam bentuk nyata kegiatan yang terkoordinasi dengan baik bagi tiga pilar tersebut,” imbuhnya. [ida]


Baca juga:


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Ahok-Djarot Heran, Lalu Tertawa dan Me-warning Para Rival
Ini Kejutan! Raja Arab Akan Berada Lama di Indonesia...
Pedas.... Ahok Sindir Silvy Ngebet Pimpin DKI