RMOLSUMSEL

Home     


Rabu, 11 Januari 2017 , 20:59:00 WIB

Libas Semua Pungli di Palembang


Satgas Saber Pungli Palembang/RMOLSumsel-rms

RMOL. Pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Palembang berkaitan kuat dengan pelayanan publik. Untuk itu, ungkap Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Satgas Saber Pungli menjadi harapan baru masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari Pemerintah.

"Satgas Saber Pungli ini adalah secerca harapan masyarakat. Tim Saber Pungli memiliki beban berat  dari harapan-harapan tersebut," jelasnya saat diwawancarai Rakyat Merdeka Online Sumsel, Rabu (11/1/17).

Wahyu menerangkan, saat ini yang menjadi sorotan di Palembang adalah persoalan parkir. Sebab secara nyata hampir seluruh petugas parkir mematok tarif retribusi tidak sesuai dengan peraturan daerah (perda) yang berlaku. Seperti halnya yang lagi heboh masalah parkir di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Parkir ini menjadi masalah yang krusial. Ini menjadi tugas berat Tim Saber Pungli Palembang. Karena hampir semua tempat parkir melakukan pungli.  Sesuai perda, mestinya tarif parkir sepeda motor hanya Rp 1.000 dan Rp 2.000 untuk mobil, namun kenyataannya, tarif parkir di Palembang melebihi perda," ungkapnya.

Wahyu menerangkan bahwa pemberantasan pungli ini harus melibatkan masyarakat. Caranya,  masyarakat berperan aktif untuk melaporkan setiap temuan pungli.

"Seperti masalah tarif parkir, jika ada masyarakat yang dipinta melebihi tarif sesuai perda, laporkan. Karena jika melebihi ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, itu adalah perbuatan kriminal," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Inspektorat Palembang Yusmah Yuzar. Yang masuk kategori pungli adalah sepanjang ada upaya memberikan sesuatu tekait pelayanan publik di luar ketentuan yang ditetapkan.

Ia mencontohkan, ada pejabat yang meminta atau menawarkan jasa tidak sesuai ketentuan. Itu termasuk pungli. Ada kontraktor yang ingin mendapat sebuah proyek lalu memberikan sesuatu kepada pejabat. Itu juga termasuk pungli. Petugas parkir yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

"Jika memang ada yang seperti itu, kami siap menerima laporan dari masyarakat dan akan kami tindaklanjuti sesegera mungkin, dan apabila terbukti kami akan koordinasi dengan pihak berwenang untuk segera diproses sesuai ketentuan hukum," tandasnya.  [raden mohd solehin]

Bank SumselBabel Sab ...

  Manajemen Bank SumselBabel terus meraih pre ...

TGB: Harnojoyo Luar ...

Tabligh Akbar Gabungan Ulama, Habaib, Ormas Islam ...

Lury Alex Ikut Pilwa ...

Setelah sempat menolak ikut mencalonkan diri, akh ...

Harnojoyo Cat Rumah ...

Walikota Palembang Harnojoyo terus berupaya untuk ...

Daftar ke PDIP

Novirzah Djazuli yang kini menjabat sebagai Wakil ...

Dialog Kebhinekaan K ...

Dialog interaktif Kebhinekaan dan Kebangsaan bert ...

Tabligh Akbar Gabung ...

Ribuan umat umat islam padati pelataran Benteng K ...

Serah Terima Jabatan

Bupati Muba Dodi Reza Alex dan Wakil Bupati Muba ...

Mularis Djahri 'Gand ...

Di Pemilihan Walikota Palembang periode 2018-2023 ...

Tinjau Tol Palindra

Usai meninjau pembangunan Light Rail Transit (LRT ...

POLITIK
Presiden: Tak Ada Tempat Bagi Teroris di Negara Kita

Kamis, 25 Mei 2017 , 23:39:00 WIB

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla membesuk korban ledakan bom bunuh diri Kampung Melayu, yang masih dirawat di RS Polri K ...

EKONOMISehari Menjelang Puasa di Lahat, Harga Bahan Pokok Stabil

Kamis, 25 Mei 2017 , 20:19:00 WIB

Harga barang-barang kebutuhan pokok di menjelang puasa Ramadhan di Lahat relatif stabil. Kendati demikian, ada juga barang yang harganya cu ...

SOSIALLagi, Baznas Muara Enim Sukses Membedah 4 Rumah

Kamis, 25 Mei 2017 , 21:58:00 WIB

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Muara Enim secara resmi menyerahkan kunci rumah. Para penerima adalah empat warga Kecamatan Muara Enim,& ...

KRIMINALBayi Usia 5 Bulan Menghilang Akhirnya Ditemukan dekat Bandara

Kamis, 25 Mei 2017 , 22:32:00 WIB

  Masfakul dibuat panik. Putranya yang masih berusia 5 bulan tiba-tiba menghilang. Janda asal Desa Randegansari, Kecamatan Dr ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu