RMOLSUMSEL

Home     


Rabu, 11 Januari 2017 , 20:59:00 WIB

Libas Semua Pungli di Palembang


Satgas Saber Pungli Palembang/RMOLSumsel-rms

RMOL. Pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Palembang berkaitan kuat dengan pelayanan publik. Untuk itu, ungkap Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Satgas Saber Pungli menjadi harapan baru masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari Pemerintah.

"Satgas Saber Pungli ini adalah secerca harapan masyarakat. Tim Saber Pungli memiliki beban berat  dari harapan-harapan tersebut," jelasnya saat diwawancarai Rakyat Merdeka Online Sumsel, Rabu (11/1/17).

Wahyu menerangkan, saat ini yang menjadi sorotan di Palembang adalah persoalan parkir. Sebab secara nyata hampir seluruh petugas parkir mematok tarif retribusi tidak sesuai dengan peraturan daerah (perda) yang berlaku. Seperti halnya yang lagi heboh masalah parkir di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Parkir ini menjadi masalah yang krusial. Ini menjadi tugas berat Tim Saber Pungli Palembang. Karena hampir semua tempat parkir melakukan pungli.  Sesuai perda, mestinya tarif parkir sepeda motor hanya Rp 1.000 dan Rp 2.000 untuk mobil, namun kenyataannya, tarif parkir di Palembang melebihi perda," ungkapnya.

Wahyu menerangkan bahwa pemberantasan pungli ini harus melibatkan masyarakat. Caranya,  masyarakat berperan aktif untuk melaporkan setiap temuan pungli.

"Seperti masalah tarif parkir, jika ada masyarakat yang dipinta melebihi tarif sesuai perda, laporkan. Karena jika melebihi ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, itu adalah perbuatan kriminal," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Inspektorat Palembang Yusmah Yuzar. Yang masuk kategori pungli adalah sepanjang ada upaya memberikan sesuatu tekait pelayanan publik di luar ketentuan yang ditetapkan.

Ia mencontohkan, ada pejabat yang meminta atau menawarkan jasa tidak sesuai ketentuan. Itu termasuk pungli. Ada kontraktor yang ingin mendapat sebuah proyek lalu memberikan sesuatu kepada pejabat. Itu juga termasuk pungli. Petugas parkir yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

"Jika memang ada yang seperti itu, kami siap menerima laporan dari masyarakat dan akan kami tindaklanjuti sesegera mungkin, dan apabila terbukti kami akan koordinasi dengan pihak berwenang untuk segera diproses sesuai ketentuan hukum," tandasnya.  [raden mohd solehin]

Gandeng IPB, Banyuas ...

Pemerintah Kabupaten Banyuasin merajut kerjasama ...

Asik Berenang Diluap ...

Banjir melanda warga di sekitar RT 03 RW 01 Talan ...

Aparat Desa Punya 4 ...

Sebagai anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) ...

Jembatan Gantung Put ...

Tingginya intensitas hujan beberapa waktu belakan ...

Kebut Pengerjaan Fly ...

Pembangunan fly over simpang Bandara SMB II terus ...

Rusak Sebelum Diguna ...

Kondisi tiang kerangka videotron yang berada tugu ...

Cegah Karhutlah Bers ...

Perusahaan swasta bidang perkebunan dan hutan di ...

Apel Siaga Karhutlah

Menjelangnya masuknya musim kemarau, Pemerintah P ...

Rangka Atap Staisun ...

Pembangunan fisik lintasan rel Light Rail Transit ...

Polisi dan Ulama Ist ...

Guna menjaga sekaligus mendoa'akan keutuhan dan k ...

POLITIK
Reses Itu Kewajiban Anggota Dewan, Biar Ada Tanggung Jawab

Minggu, 19 Februari 2017 , 17:18:00 WIB

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) M Thabrani Rizki menyebutkan sebagai kewajiban wakil rakyat secara konsitusi ...

EKONOMIKekuatan Kerakyatan, Islam, Dan Nasionalis Harus Menangkan Anies-Sandi

Minggu, 19 Februari 2017 , 23:45:00 WIB

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber pembiayaan untuk berbagai proyek pembangunan infrast ...

SOSIALSetahun Lebih Walikota Palembang Konsisten Pimpin Gotong Royong

Minggu, 19 Februari 2017 , 19:55:00 WIB

Sudah lebih dari satu tahun, Walikota Palembang, Harnojoyo terus konsisten memimpin gerakan gotong royong yang rutin dilaksanakan setiap Mi ...

KRIMINALSaat Digerebek, Puluhan ABG Terlibat Narkoba

Minggu, 19 Februari 2017 , 18:15:00 WIB

Sebanyak 30 anak baru gede (ABG) laki-laki dan perempuan terjaring operasi penyakit masyarakat yang dipimpin Kapolsek Pontianak T ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu