RMOLSUMSEL

Home     


Rabu, 11 Januari 2017 , 20:59:00 WIB

Libas Semua Pungli di Palembang


Satgas Saber Pungli Palembang/RMOLSumsel-rms

RMOL. Pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Palembang berkaitan kuat dengan pelayanan publik. Untuk itu, ungkap Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Satgas Saber Pungli menjadi harapan baru masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari Pemerintah.

"Satgas Saber Pungli ini adalah secerca harapan masyarakat. Tim Saber Pungli memiliki beban berat  dari harapan-harapan tersebut," jelasnya saat diwawancarai Rakyat Merdeka Online Sumsel, Rabu (11/1/17).

Wahyu menerangkan, saat ini yang menjadi sorotan di Palembang adalah persoalan parkir. Sebab secara nyata hampir seluruh petugas parkir mematok tarif retribusi tidak sesuai dengan peraturan daerah (perda) yang berlaku. Seperti halnya yang lagi heboh masalah parkir di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Parkir ini menjadi masalah yang krusial. Ini menjadi tugas berat Tim Saber Pungli Palembang. Karena hampir semua tempat parkir melakukan pungli.  Sesuai perda, mestinya tarif parkir sepeda motor hanya Rp 1.000 dan Rp 2.000 untuk mobil, namun kenyataannya, tarif parkir di Palembang melebihi perda," ungkapnya.

Wahyu menerangkan bahwa pemberantasan pungli ini harus melibatkan masyarakat. Caranya,  masyarakat berperan aktif untuk melaporkan setiap temuan pungli.

"Seperti masalah tarif parkir, jika ada masyarakat yang dipinta melebihi tarif sesuai perda, laporkan. Karena jika melebihi ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, itu adalah perbuatan kriminal," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Inspektorat Palembang Yusmah Yuzar. Yang masuk kategori pungli adalah sepanjang ada upaya memberikan sesuatu tekait pelayanan publik di luar ketentuan yang ditetapkan.

Ia mencontohkan, ada pejabat yang meminta atau menawarkan jasa tidak sesuai ketentuan. Itu termasuk pungli. Ada kontraktor yang ingin mendapat sebuah proyek lalu memberikan sesuatu kepada pejabat. Itu juga termasuk pungli. Petugas parkir yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

"Jika memang ada yang seperti itu, kami siap menerima laporan dari masyarakat dan akan kami tindaklanjuti sesegera mungkin, dan apabila terbukti kami akan koordinasi dengan pihak berwenang untuk segera diproses sesuai ketentuan hukum," tandasnya.  [raden mohd solehin]

Jalan Raya Palembang ...

Jalan raya Palembang-Betung tepatnya di Kilometer ...

Begini Pelayanan KB ...

Istilah banyak anak banyak rezeki hanyalah ungkap ...

Cari Tau Penyebab Ba ...

Wakil Walikota Palembang, Fitirianti Agustinda me ...

Tes Urine Dewan

Sebanyak 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ...

Siapkan Pilkada 2018

DPD Partai Demokrat Sumsel bakal menggelar musyaw ...

Pandangi Sungai Keru ...

Melalui lomba Sisir Sungai, Walikota Palembang Ha ...

Wapres Pimpin Ratas ...

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin langsung ...

Hasil Kreatifitas Na ...

Walau badan terkurung, para warga binaan atau y ...

Aktivis "Palembang P ...

Sejumlah aktivis yang tergabung dalam aksi solida ...

Musrenbang RKPD Bany ...

Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD ...

POLITIK
Nama Anies Ada Dalam Timeline Perjuangan Reformasi!

Rabu, 29 Maret 2017 , 09:20:00 WIB

Sejarah tidak buta dan tuli. Sejarah berbisik menuturkan kejadian yang benar dan bersaksi tentang kehadiran. Termasuk garis perjuangan ...

EKONOMIRakyat Tenang Ya, Persediaan Beras Cukup..

Rabu, 29 Maret 2017 , 08:34:00 WIB

  Pemerintah memiliki stok beras hingga saat ini yang mencapai 1,9 juta ton. Jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasion ...

SOSIALIni Penjelasan BMKG Soal Fenomena Hujan Es Di Jakarta

Selasa, 28 Maret 2017 , 17:54:00 WIB

Fenomena hujan es yang terjadi di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Timur karena pancaroba, atau pergantian dari musim kemarau ke mus ...

KRIMINALLima Pelaku Pungli Diringkus

Selasa, 28 Maret 2017 , 22:19:00 WIB

Aksi pungutan liar (Pungli) terhadap truk angkutan barang yang melintas di Kota Prabumulih seperti tidak ada habisnya. Lagi-lagi& ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu