RMOLSUMSEL

Home      RMOL Group


Rabu, 11 Januari 2017 , 20:59:00 WIB

Libas Semua Pungli di Palembang


Satgas Saber Pungli Palembang/RMOLSumsel-rms

RMOL. Pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Palembang berkaitan kuat dengan pelayanan publik. Untuk itu, ungkap Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Satgas Saber Pungli menjadi harapan baru masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari Pemerintah.

"Satgas Saber Pungli ini adalah secerca harapan masyarakat. Tim Saber Pungli memiliki beban berat  dari harapan-harapan tersebut," jelasnya saat diwawancarai Rakyat Merdeka Online Sumsel, Rabu (11/1/17).

Wahyu menerangkan, saat ini yang menjadi sorotan di Palembang adalah persoalan parkir. Sebab secara nyata hampir seluruh petugas parkir mematok tarif retribusi tidak sesuai dengan peraturan daerah (perda) yang berlaku. Seperti halnya yang lagi heboh masalah parkir di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Parkir ini menjadi masalah yang krusial. Ini menjadi tugas berat Tim Saber Pungli Palembang. Karena hampir semua tempat parkir melakukan pungli.  Sesuai perda, mestinya tarif parkir sepeda motor hanya Rp 1.000 dan Rp 2.000 untuk mobil, namun kenyataannya, tarif parkir di Palembang melebihi perda," ungkapnya.

Wahyu menerangkan bahwa pemberantasan pungli ini harus melibatkan masyarakat. Caranya,  masyarakat berperan aktif untuk melaporkan setiap temuan pungli.

"Seperti masalah tarif parkir, jika ada masyarakat yang dipinta melebihi tarif sesuai perda, laporkan. Karena jika melebihi ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, itu adalah perbuatan kriminal," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Inspektorat Palembang Yusmah Yuzar. Yang masuk kategori pungli adalah sepanjang ada upaya memberikan sesuatu tekait pelayanan publik di luar ketentuan yang ditetapkan.

Ia mencontohkan, ada pejabat yang meminta atau menawarkan jasa tidak sesuai ketentuan. Itu termasuk pungli. Ada kontraktor yang ingin mendapat sebuah proyek lalu memberikan sesuatu kepada pejabat. Itu juga termasuk pungli. Petugas parkir yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

"Jika memang ada yang seperti itu, kami siap menerima laporan dari masyarakat dan akan kami tindaklanjuti sesegera mungkin, dan apabila terbukti kami akan koordinasi dengan pihak berwenang untuk segera diproses sesuai ketentuan hukum," tandasnya.  [raden mohd solehin]

Cabup Sapa Warga

Dodi Reza Alex, calon Bupati Muba nomor urut satu ...

Resmikan Perpustakaa ...

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi mer ...

Penertiban Kendaraan ...

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang kembali ...

Judi Berkedok Game K ...

Arena perjudian berkedok game ketangkasan yang be ...

Kebanjiran Selfie Ba ...

Kehadiran Walikota (Wako) Palembang, H. Harnojoyo ...

Keinginan Pemuda PAL ...

Ratusan warga yang tergabung pada Komunitas Pemud ...

Lihat Rusa Totol di ...

Walikota Pagaralam  Hj Ida Fitriati Basjuni, ...

Hj Ratina Somasi Pol ...

Sengketa lahan,  yang kini sudah dibangun pa ...

Rumah Permanen Di Se ...

Kebakaran kembali terjadi di Kota Palembang. Kali ...

1154 Pejabat Pemkab ...

Sehari setelah DPRD Musi Banyuasin (Muba) melakuk ...

POLITIK
Deru Sambut Keinginan Kader Golkar Muara Enim

Senin, 23 Januari 2017 , 19:42:00 WIB

Respon positif diberikan oleh Herman Deru (HD) akan keinginan kader Partai Golkar Kabupaten Muara Enim (ME), agar Ir H Muzakir Sai Sohar (K ...

EKONOMIPermintaan Naik, Harga Turun, Petani Duku OKU Merana

Senin, 23 Januari 2017 , 17:17:00 WIB

Buah duku yang banyak dibudidayakan warga Ogan Komering Ulu (OKU), mulai menguning. Namun tahun ini, hasil panen buah duku di beberapa desa ...

SOSIALOh... PNS yang Ditangkap Bersama Sekda Tanggamus Itu Pegawai Sangat Baik

Senin, 23 Januari 2017 , 11:57:00 WIB

  Sekda Kabupaten Tanggamus tengah bersama seorang perempuan saat Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung, Sabtu (21/1) malam.Perempua ...

KRIMINALRemaja Asyik Pacaran, Lalu 2 Pria Lain Ikut Menyetubuhinya

Senin, 23 Januari 2017 , 14:22:00 WIB

  Seorang gadis di bawah umur berinisial NB (15) menjadi korban pemerkosaan di Objek Wisata Pantai Joko Tingkir di Desa Nyamp ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu