RMOLSUMSEL

Home     


Rabu, 11 Januari 2017 , 20:59:00 WIB

Libas Semua Pungli di Palembang


Satgas Saber Pungli Palembang/RMOLSumsel-rms

RMOL. Pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Palembang berkaitan kuat dengan pelayanan publik. Untuk itu, ungkap Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Satgas Saber Pungli menjadi harapan baru masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima dari Pemerintah.

"Satgas Saber Pungli ini adalah secerca harapan masyarakat. Tim Saber Pungli memiliki beban berat  dari harapan-harapan tersebut," jelasnya saat diwawancarai Rakyat Merdeka Online Sumsel, Rabu (11/1/17).

Wahyu menerangkan, saat ini yang menjadi sorotan di Palembang adalah persoalan parkir. Sebab secara nyata hampir seluruh petugas parkir mematok tarif retribusi tidak sesuai dengan peraturan daerah (perda) yang berlaku. Seperti halnya yang lagi heboh masalah parkir di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Parkir ini menjadi masalah yang krusial. Ini menjadi tugas berat Tim Saber Pungli Palembang. Karena hampir semua tempat parkir melakukan pungli.  Sesuai perda, mestinya tarif parkir sepeda motor hanya Rp 1.000 dan Rp 2.000 untuk mobil, namun kenyataannya, tarif parkir di Palembang melebihi perda," ungkapnya.

Wahyu menerangkan bahwa pemberantasan pungli ini harus melibatkan masyarakat. Caranya,  masyarakat berperan aktif untuk melaporkan setiap temuan pungli.

"Seperti masalah tarif parkir, jika ada masyarakat yang dipinta melebihi tarif sesuai perda, laporkan. Karena jika melebihi ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah, itu adalah perbuatan kriminal," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Inspektorat Palembang Yusmah Yuzar. Yang masuk kategori pungli adalah sepanjang ada upaya memberikan sesuatu tekait pelayanan publik di luar ketentuan yang ditetapkan.

Ia mencontohkan, ada pejabat yang meminta atau menawarkan jasa tidak sesuai ketentuan. Itu termasuk pungli. Ada kontraktor yang ingin mendapat sebuah proyek lalu memberikan sesuatu kepada pejabat. Itu juga termasuk pungli. Petugas parkir yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik.

"Jika memang ada yang seperti itu, kami siap menerima laporan dari masyarakat dan akan kami tindaklanjuti sesegera mungkin, dan apabila terbukti kami akan koordinasi dengan pihak berwenang untuk segera diproses sesuai ketentuan hukum," tandasnya.  [raden mohd solehin]

Naik Motor Trail Pan ...

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada malam ...

Jalintengsum Padat

Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017, Sabtu ...

Irjen Dapati Pemkot ...

Hari ini, Jumat (23/6/17) menjadi puncak belanja ...

Jalintim Mulai Menin ...

Menjelang H-2 Hari Raya Idul Fitri 1438 H, di pre ...

Yakin Didukung Golka ...

H Harnojoyo bersama Fitrianti Agustinda menyerahk ...

Di OKU, Bupati Siapk ...

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H Kuryana Azis ber ...

Sekda Sidak, ASN Gug ...

Untuk memastikan seluruh staffnya tetap bekerja h ...

Ditemukan Mie Instan ...

Mie instan yang diduga mengandung minyak babi ber ...

Harno-Fitri Kembalik ...

Calon dari petahana yakni Walikota Harnojoyo dan ...

Sahur dan Subuh Berj ...

Sejumlah pemuda di Masjid Al-Rayyah yang berada d ...

POLITIK
Yasonna Juga Disebut Terima Uang E-KTP

Sabtu, 24 Juni 2017 , 18:34:00 WIB

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly disebut-sebut turut menerima uang hasil korupsi proyek pengadaan kartu identitas elektronik (e-K ...

EKONOMISehari Jelang Lebaran Harga Daging dan Tulang Sapi Meroket

Sabtu, 24 Juni 2017 , 18:51:00 WIB

Sehari jelang Lebaran Idul Fitri 1438 H, harga daging sapi di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), meroket.Dimana sebelumnya harga d ...

SOSIALNapi Tidak Diperhatikan Pemkab OKU, Ka Rutan Baturaja Ngadu..

Sabtu, 24 Juni 2017 , 22:17:00 WIB

Nasib orang siapa tahu. Sekalipun dia seorang penjahat mestinya harus tetap dirangkul dan diperhatikan. Namun gambaran itu tak begitu diras ...

KRIMINALMinta Hape Dikembalikan, Putri Ditendang Sang Mantan

Sabtu, 24 Juni 2017 , 13:49:00 WIB

Mulyadi (51) warga Jalan KI Gede Ing Suro Lorong Tangga Tanah Darat Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB II Palembang geram atas kejadi ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu