Wahai Para Pendaki, Tolonglah Dijagakan Alat-alat Pemantau di Gunung Dempo

Ragam  RABU, 11 JANUARI 2017 , 19:58:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Wahai Para Pendaki, Tolonglah Dijagakan Alat-alat Pemantau di Gunung Dempo

gunung api dempo/net

RMOL. Intentisat angin kencang di kawasan Puncak Gunung Dempo, sejak sepekan ini mengalami penurunan dibanding beberapa waktu lalu. Namun demikian, penurunan tersebut belum dapat diprediksi sampai kapan.

“ Saat ini kondisi Puncak Dempo secara visual terpantau berawan, terkadang cerah disertai intensitas guyuran hujan cukup tinggi,” ungkap Ketua Pos Pemantau Gunung Api Dempo  Mulyadi kepada RMOLSumsel, Rabu (11/1).

Awal tahun ini lanjut Mulyadi, dari hasil rekaman Seismograf belum ada terjadi aktivitas Gunung Dempo yang menonjol seperti khususnya kegempaan, baik berupa tektonik dalam dan tektonik jauh, seismik maupun gempa tremor.

"Sedangkan pendakian yang dilakukan ke puncak, didapati kondisi air kawah Gunung Api Dempo masih normal,  dan tidak terpantau gelembung,” terangnya.

Guna menunjang kinerja tetap prima dalam melaporkan kondisi kekinian Gunung Api Dempo, para petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo secara rutin melakukan pemeliharaan  peralatan pendukung.

“Baru saja kami melakukan pendakian, mengecek secara langsung alat pemancar seismograf, sekaligus melakukan pemeliharaan beberapa aki yang ditempatkan di lokasi Puncak Merapi Dempo,” ucapnya.

Ia meminta para pecinta alam maupun masyarakat yang melakukan pendakian di Puncak Gunung Dempo, untuk membantu menjaga keberadan alat pemantau seismograf di lokasi., agar jangan sampai rusak.

“Keberadaan alat seismograf di Puncak Dempo sangat penting. Alat ini untuk memberikan informasi terkini tentang kegempaan Gunung Dempo dengan cepat. Dengan cepatnya infomrasi, jika terjadi gempa maka penanggulangan dapat dilakukan secara dini,” tegasnya.    [ida]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00