RMOLSUMSEL

Home     


KKN UNBARA NANTINYA DIKAWAL TNI DAN POLRI
RABU, 11 JANUARI 2017 , 13:53:00 WIB
LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

FOTO WIWIN
  

RMOL. Kalangan akademisi Universitas Baturaja (Unbara) mewacanakan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa di kampus tersebut akan diintegrasikan dengan pihak Polri/ TNI dalam hal ini Bhabinkamtibmas, baik secara personal maupun program.

Hal ini disampaikan Rektor Unbara, Dr Bambang Sulistyo di kantor Pemkab OKU saat melepas 418 mahasiwa Unbara yang hendak melaksanakan KKN di 26 desa di tiga Kecamatan dalam wilayah Kabupaten setempat, Rabu (11/2).

Perihal KKN integrasi ini diakui rektor sempat dibincangkan intensif bersama Kapolres dan pihak TNI/ Kodim setempat sehari jelang pelaksanaan KKN.

KKN integrasi yang dimaksudkan disini dijelaskan Bambang, dapat secara personil maupun program. Terlebih di setiap desa kini sudah ada Bhabinkamtibmas.

Sehingga mahasiswa yang sedang KKN diharapkan bisa berkoordinasi dengan pihak kepolisian/ Bhabinkamtibmas tentang ketaatan hukum, bahaya narkoba, dll.

Kapolres OKU, AKBP Leo Andi Gunawan menyebutkan, KKN integrasi itu senada dengan pesan Kapolri, agar bagaimana kedepan Polri dapat bersinergi dengan Pemerintah daerah setempat.

"Makanya kami komunikasikan hal ini dengan rektor Unbara agar bagaimana kedepan KKN mahasiswa dapat diintegrasikan dengan kepolisian termasuk juga TNI. Hari ini pun kami menyiapkan Bhabinkamtibmas di 26 desa untuk membantu adik - adik KKN," sebutnya.

Menurut Kapolres, ada tiga misi yang dibawa pihaknya dalam KKN integrasi dimaksud. Pertama berkaitan dengan sosialisasi tentang penyalahgunaan narkoba/ pencegahan.

Kedua, mengajak/ menginformasikan mengenai restoratif justice, upaya mengatasi perselisihan dengan memperbaiki kerusakan dari apa yang dilakukan pelaku. Seperti perselisihan.

Nah melalui mahasiswa ini bisa diberdayakan dengan kearifan lokal dalam rangka menyelesaikan permasalahan disana.

Yang ketiga alternative dispute resolution (ADR). Kata Kapolres Ini sama, penyelesaian perselisihan tidak harus di pengadilan. Kalau sifatnya kecil bisa melalui musyawarah mufakat. Kalau ada itu kita memperbaiki kerusakannya.

Ketika disinggung apakah wacana KKN integrasi ini terkait dengan insiden pengeroyokan terhadap perangkat desa di desa Kedondong kecamatan Semidang Aji, OKU tempo hari? Tegas Kapolres menjawab, tidak ada kaitannya sama sekali. [rhd]


Baca juga:
KKP GODOK SDM UNTUK MASA DEPAN LAUT INDONESIA
PAN MASIH PIKIR-PIKIR DUKUNG JOKOWI DI PILPRES 2019
TARUNA MENINGGAL DI TANGAN SENIOR, KEMENHUB AKAN BERTANGGUNG JAWAB
SIDANG KODE ETIK PANWASLIH MUBA
TINJAU KESIAPAN PENGAMANAN PILKADA MUBA


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Setiap Pulang Berseragam Sekolah, Siswi SMA Hamil..
Siti Aisyah, Sibuk Syuting Namun Filmnya Tak Kunjung Tayang..
Siti Si Agen Korut Itu Rupanya Menjalin Kasih dengan Sopir