MUI Keluarkan Fatwa tentang Sarana Air Bersih

Sosial  SELASA, 10 JANUARI 2017 , 19:17:00 WIB

MUI Keluarkan Fatwa tentang Sarana Air Bersih
RMOL. Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 001/MUNAS-IX/MUI/2015 tentang Pendayagunaan Harta Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf untuk Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitasi bagi Masyarakat.

Melalui fatwa ini, MUI telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk mewujudkan langkah konkret atas keluarnya fatwa tentang air bersih ini.

Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Ma’ruf Amin menjelaskan, fatwa ini tidak hanya akan membantu masyarakat dalam pembangunan sarana air minum dan sanitasi. Fatwa ini juga menegaskan perlunya perubahan perilaku masyarakat yang merupakan tantangan pembangunan air minum dan sanitasi saat ini.

Ma'ruf menjelaskan, pentingnya sarana air minum dan sanitasi dari sudut pandang Islam. Pasalnya, air dan sanitasi merupakan elemen penting dalam ajaran agama Islam. Islam menempatkan air bukan hanya sebagai minuman bersih dan sehat yang dibutuhkan untuk kehidupan semua makhluk,melainkan juga sebagai sarana penting untuk thaharah.

"Thaharah merupakan wujud nyata dari sanitasi yang sangat menentukan bagi kesempurnaan iman seseorang dan kesahan sejumlah aktivitas ibadah.Memelihara air bersih dan sanitasi merupakan aspek amar ma'ruf," demikian Ma'ruf ketika dijumpai di Kantor Bappenas, Taman Suropati, Jakarta seperti diberitakan RMOL.CO, Selasa (10/1).

Seperti diketahui, jika dibandingkan dengan kawasan Asia Tenggara, akses sanitasi Indonesia hanya lebih baik dari Timor Leste dan Kamboja. Sekitar 72 juta orang Indonesia masih belum mempunyai akses air minum yang layak dan sekitar 96 juta orang Indonesia masih belum mempunyai akses sanitasi yang layak. Masalah sanitasi diperparah dengan besarnya jumlah orang Indonesia yang masih buang air besar sembarangan,yaitu sekitar 31 juta orang.

Hal tersebut merupakan tantangan besar dalam pembangunan manusia Indonesia secara keseluruhan,terutama dalam upaya peningkatan kualitas hidup warga Indonesia dan peningkatan daya saing bangsa. [ida]

Komentar Pembaca
JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JK, Peng-Peng Di Balik Impor Beras

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 19:00:00

Tak Ada Verifikasi Faktual Dalam UU Pemilu

Tak Ada Verifikasi Faktual Dalam UU Pemilu

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 17:00:00

Jokowi Manfaatkan Golkar

Jokowi Manfaatkan Golkar

JUM'AT, 19 JANUARI 2018 , 15:00:00

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

H Mularis Djahri - H Syahdina Ali Daftar ke KPU

RABU, 10 JANUARI 2018 , 19:02:00

Didampingi Ayah

Didampingi Ayah

SABTU, 25 NOVEMBER 2017 , 10:17:00

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

Laka Tunggal 'Nyaris' Setnov

KAMIS, 30 NOVEMBER 2017 , 16:30:00