RMOLSUMSEL

Home      RMOL Group


CABAI RP80 RIBU DI LAHAT
DISPERDAG TAK BERDAYA TURUNKAN HARGA
SELASA, 10 JANUARI 2017 , 18:08:00 WIB
LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

CABAI MERAH/NET
  

RMOL. Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat tak bisa berbuat banyak untuk menurunkan harga cabai di pasaran, pasalnya cabai merupakan komoditi pasar yang fluktuasi harganya tergantung pasokan di petani. Dan, cabai bukanlah barang yang diproduksi pabrik yang pasokannya bisa di intervensi dengan operasi pasar.

Belakangan diketahui kenaikan harga cabai di pasaran karena berkurangnya pasokan dari petani karena berkurangnya produksi sisebabkan faktor cuaca.

Kendati demikian, kata Ruslan, pengaruh kenaikan harga cabai tidak terlalu signifikan kepada masyarakat karena umumnya konsumen membeli dalam jumlah yang sedikit.

"Masyarakat bisa beli cabai sedikit dan sesuai keperluan saja," kata Sekretaris Disperdag Kabupaten Lahat Hamson Effendi didampingi Kabid Perdagangan, Ruslan ditemui kepada RMOL Sumsel, Selasa (10/2).

Selain itu, kata Dia,  sebagian masyarakat juga bisa memproduksi sendiri dengan cara tanam cabai sehingga dapat memperoleh barang sendiri tanpa menunggu pasokan.

Sementara itu, harga cabai di tingkat pedagang mencapai Rp. 80 ribu per kilogram dari biasanya kisaran Rp. 40 ribu per kilogram. [rik]


Baca juga:
GUBERNUR: DARIPADA BANTU DKI JAKARTA, BANTULAH KAMI DISINI
SENILAI RP14 MILIAR KINI PENUH SEMAK BELUKAR
BASYARUDIN: AWAL BANTUAN PEMERINTAH PUSAT
MAU TAHU PENYEBAB HARGAI CABAI MUARA ENIM SELANGIT, BACA INI!!!
HARGA CABAI DI MUARA ENIM SELANGIT


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Menteri Rini Tutup Pabrik Gula, Dewan: Bakal Ada 1,7 Juta Pengangguran Baru
Pedagang Enggan Masuk ke Pasar Sungki Karena Angker
Keren! Warga PALI Kini Punya Bus Damri