RMOLSUMSEL

Home      RMOL Group


RSUD PRATAMA LUBAI ULU BELUM BEROPERASI SEJAK 2015
SENILAI RP14 MILIAR KINI PENUH SEMAK BELUKAR
SELASA, 10 JANUARI 2017 , 17:29:00 WIB

RSUD PRATAMA MUARA ENIM/RMOLSUMSEL/EDWINSAH
  

RMOL. Akibat belum beroperasinya Rumah Sakit (RS) Pratama yang berlokasi di Kecamatan Lubai Ulu, Kabupaten Muara Enim hingga saat ini belum bisa dimanfaatkan.

Bahkan RS tipe D yang dibangun menelan anggaran Rp14 miliar lebih ini mulai tampak ditumbuhi semak belukar di depannya. Karena belum dioperasikan untuk berobat, maka bangunan terkesan terbengkalai.  

"Kondisi bangunan Rumah Sakit Pratama ini ditelantarkan begitu saja, dan banyak rumput terlihat seperti belukar, dan tidak aktivitasnya di sana," ujar Sumi, warga setempat kepada RMOL Sumsel, Selasa (10/1).

Dia mendesak agar pemerintah daerah Muara Enim segera mungkin memanfaatkan bangunan RS Pratama ini. Rumah sakit pratama di Kecamatan Lubai Ulu ini wilayahnya terletak di perbatasan dengan Kabupaten OKU ini.

"Jika sudah beroperasi, maka masyarakat Lubai Ulu dan sekitarnya tidak perlu lagi dirujuk ke RS Baturaja," harapnya.
                
Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar membenarkan bahwa itu rumah sakit pratama tersebut memang belum ada aktivitas dan belum bisa difungsikan karena terkendala ketersediaan sarana dan prasarana penunjang. Meskipun pekerjaan fisik sudah rampung pada 2015 tapi RS ini belum bisa difungsikan hingga kini.

"Namun akan dioperasikan pada tahun 2017 inilah. Mungkin sekitar bulan April ini," kata Muzakir.
            
Karena, berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan menetapkan bahwa RSUD tipe D harus memenuhi sejumlah syarat. Hal ini terkait dengan kemampuan pemberian pelayanan di bidang medis, kefarmasian, keperawatan, kebidanan, penunjang klinik, nonklinik dan rawat inap.
             
"Kemudian harus memiliki setidaknya lima orang dokter umum, perawat dan petugas medis lainnya. "Harapannya semua dapat diselesaikan secepatnya sehingga sudah bisa beroperasi penuh," jelasnya. [rik]


Baca juga:
BASYARUDIN: AWAL BANTUAN PEMERINTAH PUSAT
MAU TAHU PENYEBAB HARGAI CABAI MUARA ENIM SELANGIT, BACA INI!!!
HARGA CABAI DI MUARA ENIM SELANGIT
SAWAH GAGAL PANEN DI MUARA ENIM 665 HEKTAR
DODI: BENTUK DUKUNGAN PEMERINTAH PUSAT


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer