RMOLSUMSEL

Home     


HARGA CABAI DI MUARA ENIM SELANGIT
LAPORAN: EDWINSAH SATRIA
SELASA, 10 JANUARI 2017 , 16:38:00 WIB

NAIK LAGI/RMOLSUMSEL/EDWINSAH
  

RMOL. Harga cabai di pasar-pasar tradisional di Muara Enim dalam sepekan terakhir ini naik lagi, untuk cabe merah dan cabe keriting sebelumnya di kisaran Rp60 ribu per kilogram (kg) pada pekan lalu, saat ini sudah mencapai angka Rp 70 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabe rawit sebelumnya Rp70 ribu per kilogram. Kini naik mencapai Rp75 ribu perkilogram.

Untuk bawang merah tidak mengalami kenaikan Rp40 ribu per kilogram dan bawang putih mengalami penurunan yakni Rp35 ribu per kilogram. Sementara harga daging sebelumnya mencapai anggka Rp120 ribu per kilogram. Kini sudah mencapai diangka Rp130 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang bumbu-bumbuan di Pasar  Inpress Muara Enim, Yusdi, mengaku dirinya terpaksa menggambil sedikit dan itu pun dicampur antara cabe merah, cabe keriting dan dan cabe rawit. “Ngambilnya dicampur harganya sudah beda,” ujarnya kepada RMOL Sumsel, Selasa (10/1).

Lanjutnya, sepekan terakhir ini dirinya mengambil cabai hanya beberapa kilogram saja.

“Harganya terlalu tinggi, saya tidak berani spekulasi kalau sampai tidak laku, sehingga saya ambilnya sedikit saja. Lebih baik cepat habis daripada membusuk karena daya beli konsumen menurun,” katanya.

Ia mengatakan saat ini pasokan cabai rawit di sejumlah pasar juga kian menipis, sehingga distribusinya ke pasar-pasar tradisional juga menurun.

“Pasokan cabai ke pasar dari Gelumbang dan Semende. Mudah-mudahan saja kondisi seperti ini segera pulih,” katanya.

Apalagi, kata dia, sejumlah kebutuhan pokok lainnya juga terus naik. “Belum lagi kenaikan tarif dasar listrik dan BBM, rasanya ekonomi masyarakat kecil seperti kita akan semakin sulit,” ucapnya.
Ia berharap kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok tersebut segera berakhir dan perekonomian kembali membaik. “Kami juga berharap pemerintah mencari cara bagaimana kondisi perekonomian ini bisa pulih dan harga berbagai kebutuhan pokok turun,” ujarnya. [rik]


Baca juga:
SAWAH GAGAL PANEN DI MUARA ENIM 665 HEKTAR
KEKERINGAN, RATUSAN HEKTAR SAWAH DI MUARA ENIM GAGAL PANEN
BERDIRI SEJAK 2013 HINGGA KINI DISPERDAG LAHAT BELUM TAHU MANFAATNYA
BENAHI STRUKTUR PEMERINTAHAN DI TANAH KELAHIRANNYA
PILIHLAH WAKIL SEPERTI ISHAK MEKKI


Komentar Pembaca






Berita Populer

Pusri Luncurkan Demplot Kopi Berteknologi Tinggi
Rayakan HUT Ke-43, PTSB Menjawab Tantangan
Kader Mulai Bergerak Untuk Menangkan Ishak Mekki