RMOLSUMSEL

Home     


ANAK PETANI YANG JADI ORANG TERKAYA IRAN ITU DIMAKAMKAN SELASA
SENIN, 09 JANUARI 2017 , 23:35:00 WIB
LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

AKBAR HASHEMI RAFSANJANI TETAP BERPENGARUH WALAU TAK LAGI MENJABAT PRESIDEN
  

RMOL. Para pelayat terus berdatangan memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum mantan Presiden Iran Akbar Hashemi Rafsanjani, Senin (9/1). Pelayat mulai dari Presiden Hassan Rouhani, kalangan pejabat hingga warga yang tengah lewat di depan masjid tempat jenazah Rafsanjani disemayamkan.

Diberitakan The Washington Post edisi petang ini bahwa Rafsanjani dimakamkan besok, Selasa (10/1).

Para pengamat politik memprediksi, kematian Rafsanjani menjadikan Presiden Rouhani berada dalam tekanan politik kian keras.

Surat kabar di Iran semuanya terbit dengan halaman muka memasang foto Rafsanjani, yang meninggal di usia 83 tahun kemarin setelah menderita serangan janjtung. Seluruh stasiun televisi menayangkan klip-klip pidato dan pernyataannya.

Rafsanjani dilahirkan di bagian tenggara Iran pada 1934. Terlahir di keluarga petani, ia bersekolah di bidang agama. Saat di perguruan tinggi, Rafsanjadi mempelajari theologi di Kota Suci Qom bersama Ayatollah Khomeini. Ia pun menjadi pengikut setia Khomeini. Di masa Shah Iran berkuasa, Rafsanjani beberapa kali di penjara.
Dengan rentang karier yang sangat panjang, Rafsanjani  juga merupakan salah satu orang terkaya di Iran versi Majalah Forbes. Ia dikenal memiliki berbagai bisnis dan industri. Majalah Forbes 2003 memasukkannya dalam Bagian Millionaire Mullahs Daftar Orang Terkaya itu.

Dia ikut berperan penting dalam reovolusi 1979 namun belakangan bertentangan dengan kelompok garis keras. Pemimpin Agung Iran, Ayatullah Ali Khamenei, mengatakan kepergiannya merupakan hal yang amat sulit dan mengakui perbedaan di antara mereka.

"Perbedaan pendapat dan penafsiran pada suatu saat dalam periode yang panjang sama sekali tidak pernah memutus perkawanan antara kami," kata Ayatullah Khamenei seperti dikutip BBC.

 
Rafsanjani, yang menjabat presiden dalam periode 1989-1997, dibawa ke rumah sakit Shohadda di ibu kota Teheran, Minggu (8/1) dan sempat mendapat pengobatan selama sekitar satu jam namun tidak berhasil. Presiden Hassan Rouhani -yang memiliki hubungan baik dengan Rafsanjani- datang ke rumah sakit sebelum pengumuman resmi kematiannya.

Ali Akbar Hashemi Rafsanjani lahir tahun 1934 di Iran tenggara dalam keluarga petani dan belakangan belajar teologi di kota suci Qom dengan Ayatullah Ruhollah Khomeini, yang memimpin Revolusi Iran Islam tahun 1979.

Pada tahun terakhir perang dengan Irak -yang berlangsung dari 1980 hingga 1988- dia ditunjuk sebagai penjabat panglima angkatan bersenjata oleh Ayatullah Khomeini.

Rafsanjani juga dianggap berperan penting dalam pengembangan program nuklir Iran, yang menurut negara-negara Barat untuk senjata nuklir walau selalu dibantah pemerintah Teheran.

Tahun 2005, dia mencalonkan diri lagi untuk menjadi presiden tahun 2005 namun kalah dari Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Dia kemudian menjadi salah seorang pengritik Presiden Ahmadinejad dengan menyerukan pembebasan tahanan politik serta kebebasan politik yang lebih besar bagi partai-partai politik yang mematuhi konstitusi. [ida]


Baca juga:
ANNIVERSARY KE-10 BERSAMA SUNRISE GUNUNG BROMO
PSSSTTT...KALAU MAU KENCANI MODEL NYAMBI PSK, INI KODENYA
JANUARI 2017, SAT LANTAS POLRES OKU BERLAKUKAN TILANG ONLINE
MENKUMHAM TEGASKAN WNA ASAL CHINA CUMA 21 RIBU
FINDA TETAP SEMPATKAN AMBIL RAPORT ANAK


Komentar Pembaca






Berita Populer

2 Anak Ditinggalkan Mamanya di Masjid, Dibekali Sepucuk Surat Wasiat
Dandim Angkat Bendera, Datang Segerombolan Orang Mengamuk...
Asik Nonton Bola, Penonton Heboh Tenda Panitia Terbang