RMOLSUMSEL

Home     


INFLASI SUMSEL 2016 MENINGKAT, PENYUMBANGNYA KOTA PALEMBANG
SENIN, 09 JANUARI 2017 , 11:27:00 WIB
LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

  

RMOL. Inflasi Kota Palembang lebib tinggi dibandingkan Lubuk Linggau. Hal itu dilihat dari data inflasi Kota Palembang sepanjang 2016 sebesar 3,68 persen, lebih tinggi dari tahun 2015.

Dimana, angka tersebut ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Yos Rusdiansyah, berbanding terbalik dengan Kota Lubuk Linggau, turun dari 3,47 persen pada 2015 menjadi 2,74 persen pada 2016.

"Meski tidak terlalu tinggi, inflasi Palembang tahun 2016 lalu, naik dari tahun 2015. Karena pada tahun sebelumnya itu hanya 3,05 persen," jelasnya kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel, Senin (9/1/17).

Berdasarkan data yang dirilis pihaknya, bulan Juli dan Desember menjadi penyumbang inflasi yag cukup tinggi selama periode 2016 lalu. Dimana, pada Juli tercatat 1,12 persen dan Desember 0,67 persen.

"Hal itu karena keduanya bertepatan dengan perayaan keagamaan. Seperti Juli karena bertepatan dengan hari besar perayaan idulfitri dan Desember bertepatan dengan Natal dan tahun baru," ungkapnya.

Yos, pemda bersama tim pengendali inflasi daerah (TPID) bisa terus menekan angka inflasi pada tahun ini. Jika inflasi Palembang dan Lubuk Linggau digabung maka inflasi Sumsel tercatat sebesar 3,58 persen lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 3,10 persen.

"Inflasi ini penting karena menjadi faktor dalam kondisi perekonomian daerah, termasuk memengaruhi angka kemiskinan," tandasnya. [yip]


Baca juga:
BBM NAIK, TPID SUMSEL ACTION
2017, DISPERINDAG SUMSEL PACU PENINGKATAN EKSPOR
BAWANG PADANG STABILKAN HARGA DI PALEMBANG
PEDA XII KTNA, MOMENTUM MENINGKATKAN SEKTOR PERTANIAN DI SUMSEL
GUBERNUR PUJI PEMBANGUNAN DI LUBUKLINGGAU


Komentar Pembaca






Berita Populer

Semen Baturaja Tandatangani Kontrak Jangka Panjang dengan PT BA
Sehari Jelang Lebaran Harga Daging dan Tulang Sapi Meroket
Pedagang Pakaian di Pasar Kaget Prabumulih Gigit Jari