Dana Setor Haji Untuk Pembangunan Infrastruktur Ditolak

Sosial  MINGGU, 08 JANUARI 2017 , 10:42:00 WIB

Dana Setor Haji Untuk Pembangunan Infrastruktur Ditolak

Ilustrasi/Net

RMOL. Wakil Ketua Komisi VIII DPR Iskan Qolba Lubis menolak wacana penggunaan dana setoran haji untuk membiayai pembangunan infrastruktur. Baginya, meski mengendap, dana yang disetorkan para calon jamaah tidak boleh di­gunakan untuk hal lain kecuali kepentingan haji.

Wacana penggunaan dana haji untuk pembangunan infrastruk­tur ini pertama kali dikemukakan Presiden Jokowi pada Februari 2015. Empat bulan kemudian, sebagian setoran haji itu telah ditempatkan di Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), yang alokasi untuk pembangunan infrastruktur.

Menurut Iskan, penempatan dana haji di SBSN ini jelas tidak sesuai peruntukan.

"Selama ini SBSN yang telah direview oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) adalah su­kuk ritel, dengan masyarakat memodali pembangunan in­frastruktur. Terkait penggu­naan dana setoran haji oleh Kementerian Agama untuk itu, jangan-jangan Dewan Syariah Nasional belum tahu," ucap politisi PKS ini seperti diberitakan RMOL (Induk RMOL Sumsel), Minggu (8/1).

Iskan juga agak dongkol den­gan kebijakan Kementerian Agama (Kemenag) itu. Sebab, kebijakan itu dilakukan tanpa koordinasi dengan Komisi VIII DPR. "Sampai saat ini, be­lum ada pembahasan antara Kementerian Agama dengan komisi VIII, apalagi persetu­juan," cetusnya.

Menurut Iskan, penggunaan dana setoran haji yang tidak sesuai peruntukan bisa menim­bulkan masalah. Salah satunya, kesulitan dalam menghitung ujroh (imbalan hasil) infrastruk­tur yang merupakan kewajiban negara.

"Bagaimana sistem bagi hasil­nya? Jangan sampai secara syar'i menjadi kabur dan tidak layak kalau sesuai fatwa MUI," tuturnya.

Pada akhir Juni 2015, pemer­intah telah menerbitkan SBSN sebesar Rp 1 triliun untuk me­nyerap dana haji yang dikelola Kementerian Agama dengan me­tode Private Placement. SBSN yang diterbitkan berseri SDHI 2020 D, yang akan jatuh tempo pada 29 Juni 2020. [rik]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

Ada 'Kubangan Gajah' di OKU, Nih Buktinya..

RABU, 04 APRIL 2018 , 12:17:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00