RMOLSUMSEL

Home     


AGAR BERUMUR PANJANG DAN SEHAT, BANYAK-BANYAKLAH TERTAWA
SABTU, 07 JANUARI 2017 , 23:59:00 WIB
LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

TERTAWA BERSAMA/NET
  

RMOL. Lebih dari sekadar menceriakan hari, tertawa bersama sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan kita. Suara tawa mengajak orang-orang bersama-sama mengalami perubahan di dalam tubuh guna menyehatkan fisik dan emosi.


Tertawa dapat meredakan stres, kecemasan, dan depresi. Sebaliknya tawa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan rasa sakit.

Saat masih kanak-kanak, kita biasa tertawa ratusan kali sehari. Tapi setelah dewasa, kehidupan cenderung lebih serius sehingga tertawa menjadi lebih jarang.

Dengan mencari lebih banyak kesempatan untuk tertawa dan humor, kita dapat memperbaiki kesehatan emosional, memperkokoh hubungan, menemukan kebahagiaan lebih besar, bahkan menjadikan panjang umur.
Tak ada yang bisa menyeimbangkan sistem saraf lebih cepat daripada berkomunikasi secara tatap muka dengan seseorang. Tambahkan tawa dalam komunikasi itu, dan anda mendapatkan penangkal kuat untuk stress, kecemasan, rasa sakit, dan konflik.

Humor meringankan beban kita, menumbuhkan harapan, menghubungan kita dengan orang-orang lain, membuat kita tenang, fokus, dan waspada. Humor juga memantu kita meredakan kemarahan dan jadi pribadi yang lebih pemaaf.

Berikut ini manfaat tawa seperti dikutip dari Helpguide.org:
Tawa merilekskan seluruh tubuh. Tawa yang baik dari hati meredakan ketegangan jiwa dan stres, menjadikan otot-otot rileks hingga 45 menit sesudahnya.

Tawa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tawa menurunkan hormon stres dan meningkatkan ses-sel kekebalan tubuh serta memproduksi antibodi untuk memerangi infeksi sehingga meningkatkan ketahanan kita terhadap penyakit.


Tawa memicu lepasnya  endorfin, yang merupakan kimia alam tubuh yang baik. Endorfin meningkatkan seluruh kemampuan untuk merasakan kenyamanan serta menghilangan rasa sakit untuk sementara.

Tertawa melindungi jantung. Tertawa mem[erbaiki fungsi pembuluh darah, dan meningkatkan aliran darah yang dapat membantumu membantu melindungi kita dari serangan jantung dan masalah-masalah kardiovaskular.

Tertawa membakar kalori. Penelitian menemukan bahwa tertawa 10-15 menit. Tawa meringankan bebanmu. Tak ada yang dapat mereedakan kemarahan dan konflik lebih lebihepat daripada tertawa bersama.  Caranya dengan melihat sisi dengan melihat sisi lucu dan menyenangkan dari berbagai problem dalam persektif kita.

Tertawa membantu seseorang berumur panjang. Studi di Norwegia menemukan  bahwa seseorang dengan selera humor yang tinggi, dapat lebih panjang umur daripada orang yang jarang tertawa. [ida]


Komentar Pembaca






Berita Populer

BBPOM Palembang Justru Sebut Keberhasilan