RMOLSUMSEL

Home     


DEWAN PERS PASTIKAN 11 SITUS YANG DIBLOKIR TIDAK TERDAFTAR
SABTU, 07 JANUARI 2017 , 18:20:00 WIB

ILUSTRASI/NET
  

RMOL. Dewan Pers memastikan 11 situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) karena dinilai bekonten negatif, tidak terdaftar sebagai media.

"Sejauh ini mereka tidak ada di daftar perusahaan pers yang ada di Dewan Pers," tegas anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi, dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1).

Imam menjelaskan bahwa pihaknya tidak dapat memberikan advokasi dan melindungi karena kesebelas media yang diblokir tersebut tidak terdaftar.

"Jadi siapa yang bermasalah dengan media yang bersangkutan, silakan menempuh upaya hukum lain di luar UU 40/1999," sambungnya.

Imam mengimbau kepada para pendiri media untuk mendaftarkan medianya ke Dewan Pers. Namun begitu, tidak semua akan diverifikasi oleh Dewan Pers.

Dewan Pers, lanjutnya, akan mengkaji terlebih dahulu kelayakan media tersebut, terutama masalah konten. Konten media harus memenuhi kode etik jurnalistik dan standar-standar jurnalistik.

"Jika kontennya tidak sesuai dengan syarat jurnalistik, meskipun dia sesuai secara institusi berbadan hukum, tetap kami tidak anggap sebagai pers," pungkas Imam. [ian]


Baca juga:
HARGA PREMIUM, SOLAR DAN MINYAK TANAH BARU AKAN DIKAJI BULAN MARET
PERTAMAX NAIK, WARGA PRABUMULIH KEMBALI BERALIH KE PREMIUM
MENTERI TJAHJO WARNING KEPALA DAERAH SOAL JUAL BELI JABATAN
DI KAMPUNG AQUARIUM, PRABOWO PASTIKAN ANIES-SANDI TIDAK AKAN MENGGUSUR
ANGDES LEBIHI MUATAN


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Nasib Bidan PTT di OKU Akhirnya...
PNS Ciuman Massal, Kemen-PANRB Hanya Mampu Menggerutu
Keberadaan Makam Bersejarah di Palembang Memprihatinkan