RMOLSUMSEL

Home     


PERKEBUNAN, KULINER DAN OBJEK WISATA JADI ANDALAN
JUM'AT, 06 JANUARI 2017 , 10:36:00 WIB
LAPORAN:

SUPRIHYATNO/RMOLSUMSEL/WAHARI
  

RMOL. Sebagai daerah baru, sektor pariwisata di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) masih terbilang minim dan nyaris tidak ada tempat untuk rekreasi kala musim liburan tiba bagi warga yang ada di Bumi Serepat Serasan.

Padahal potensi wisata di Kabupaten PALI cukup banyak, seperti candi Bumi Ayu, hanya saja kurangnya promosi dari dinas terkait serta pengelolaan yang belum maksimal. Hal itu masih bisa dimaklumi, mengingat kabupaten ini masih baru dimana umurnya baru akan menginjak empat tahun.

Melihat hal tersebut,Suprihyatno Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten PALI yang baru saja dibentuk beberapa hari lalu,akan bekerja keras mempromosikan potensi yang ada.Dan target utamanya mempromosikan dengan gencar Candi Bumi Ayu serta mengangkat budaya yang telah ada.

"Langkah awal kita akan berkoordinasi dengan seluruh kepala desa untuk mendata potensi yang ada di desa-desa diwilayah PALI yang bisa diangkat menjadi objek wisata,serta mengangkat kembali kebudayaan asli PALI," kata Suprihyatno kepada RMOL Sumsel, Jumat (6/1).

Dijelaskan mantan kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKB-PP) PALI, bahwa menjadikan tempat pariwisata tidak harus ada pegunungan yang indah, adanya pantai atau air terjun. Tetapi adanya kerajinan, kuliner khas PALI,juga bisa dikembangkan untuk menarik warga luar PALI berkunjung.

"Kita tekankan kepada seluruh kepala desa untuk membuat kreasi dan mengangkat potensi yang ada di desanya.Seperti kuliner dodol biji karet, yang telah banyak diketahui masyarakat luar PALI dan telah mendatangkan banyak orang berkunjung ke PALI untuk belajar membuat dodol biji karet," jelasnya.

Adanya perkebunan buah naga dan kebun lengkeng,lanjut Suprihyatno,akan dikembangkan sebagai objek wisata.

"Perkebunan juga bisa dijadikan objek wisata.Dan di PALI banyak perkebunan yang bisa jadi daya tarik supaya orang datang ke sini.Kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengelola dan mengembangkan potensi yang sudah ada," ungkapnya.

Dirinya berharap kerjasama semua pihak agar membantu mempromosikan Kabupaten PALI agar bisa lebih dikenal lagi.

"Bantuan dan kerjasama semua pihak sangat kami butuhkan,agar pariwisata di Kabupaten ini bisa berkembang pesat,dan dapat menarik banyak orang luar PALI untuk berkunjung.Apabila itu sudah terwujud,otomatis perekonomian masyarakat PALI bisa meningkat," harapnya. [rik]

 


Baca juga:
SENATOR: JOKOWI BERI KADO PAHIT TAHUN BARU UNTUK RAKYAT
SP2J BATAL DAPAT 40 BUS DARI KEMENHUB
PUTING BELIUNG YOGYAKARTA, 4 KABUPATEN PALING TERDAMPAK
PLN CATAT SUBSIDI 6.882 PELANGGAN LISTRIK 900 VA DICABUT
KODAM II RAYAKAN HUT KE-71 SECARA SEDERHANA


Komentar Pembaca






Berita Populer

Kasihan, Istrinya Baru Melahirkan....
Viral di Sosmed, Netizen Ungkap Identitas 2 Korban Tabrakan Mau
Belasan Dokter Spesialis Mundur Massal dari PNS