RMOLSUMSEL

Home     


HARI LIBUR NASIONAL, BUPATI PALI BLUSUKAN
KAMIS, 05 JANUARI 2017 , 10:46:00 WIB
LAPORAN:

RMOLSUMSEL
  

RMOL.Jika kebanyakan pejabat memanfaatkan hari libur nasional dengan jalan-jalan atau berliburan hingga ke luar negeri, tampak hal itu tidak berlaku bagi Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) H. Heri Amalindo.

Memanfaatkan waktu libur nasional serta mengawali tahun baru 2017, Heri Amalindo,kembali melakukan blusukan ke wilayah Talang Tumbur, Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, Minggu (1/1/2017).

Menyapa warga serta mendengarkan keluhan langsung dari masyarakat. Seperti yang dikatakan oleh Ahmat (45) alias Mat Teler warga Talang Tumbur Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi yang memiliki 11 orang anak, dengan kondisi perekonomian yang jauh dari sejahtera.

Dengan kerja serabutan, Mat Teler mengalami kesusahan dalam menafkahi kebutuhan rumah tangga keluarganya.

Bahkan, dari 11 orang anaknya hanya empat orang yang mengenyam pendidikan. Sedangkan sisanya terpaksa putus sekolah lantaran tidak sanggup membiayai kebutuhan sekolah mereka, seperti baju sekolah, buku, serta kebutuhan sekolah lainnya.

"Anak aku 11 orang, dua sudah merantau ke luar PALI dan tidak tahu lagi cak mano kehidupannyo disano. Dari 9 orang yang tinggal di rumah ini, cuma empat yang sekolah. Sisonyo belum sekolah dan ada jugo yang putus sekolah pas kelas 2 SD," jelas Mat Teler kepada sejumlah media.

Mat Teler mengaku untuk menafkahi kehidupannya sehari-hari dirinya mengandalkan kerja serabutan.

"Siapa yang ngakak aku kerja,aku turuti,yang penting bisa menghasilkan uang. Pokoknya segala pekerjaan yang penting halal aku mau mengerjakannya " ungkapnya seraya menjelaskan jika dirinya beserta istri dan anak-anaknya yang tinggal di sebuah rumah dengan ukuran 4 x 6 meter dan lantai hanya semen kasar tanpa alas ketika tidur.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Bumi Serepat Serasan juga mengunjungi beberapa rumah warga yang di bawah garis kemiskinan.

Heri Amalindo menuturkan bahwa dirinya sengaja datang langsung melihat kondisi warganya ketika hari libur. “Kalau tidak begini (blusukan, red) kita tidak tahu pak kondisi dan keluhan masyarakat kita. Oleh karena itu, kami sengaja ketika hari libur ini mendatangi rumah-rumah warga,” tutur Heri.

Heri Amalindo sempat tertunuk lesu melihat warganya yang masih hidup dibawah garis kemiskinan, bahkan dirinya menyangkan kepada RT, RW Lurah, Camat dan Dinas terkait tidak mengetahui hal tersebut, sehingga masih ada warganya hidup di rumah yang jauh dari kata layak

"Kita sangat menyangkan kepada RT, RW, Lurah, dan Dinas terkait yang tidak mengtahui keadan seperti yang dialami, Mat Teler yang memiliki 11 anak dan tingal di gubuk yang berukuran 4x6 meter yang jauh dari kata layak, dan tidak masuk ke program beda rumah," ujar Heri

Tidak hanya itu saja Heri Juga mengunjungi ruma milik Fatimah dan Nopita warga Talang Mutung, Kelurahan Talang Ubi Barat yang juga memiliki rumah jauh dari kata layak dan tidak memiliki aliran listrik dan aliran PDAM yang membuat heri geleng-geleng kepala

"Saya sangat terkejut melihat keadaan warga kita  yang tinggal di rumah yang tidak layak, belum memiliki jaringan listrik, jaringan PDAM, dan kalu tidak blusukan seperti ini, kita tidak bakal mengetahui apakah kinerja RT, RW, Lurah, Camat, dan SKPD terkait, sudah maksimal atau belum, dengan permaslahan warga," tambahnya sambil geleng-geleng kepala melihat warganya yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Kegiatan blusukan yang dilakukan Heri Amalindo tidak di sia-siakan warga dimanfaatkan untuk menyampaikan keluh kesanya kepada Bupati. “Iyo pak, disini kami kerap kebanjiran. Janganke hujan lebat dalam waktu lama, hujan sebentar bae sudah banjir dan bahkan masuk rumah kami,” ungkap Eka (18) warga Talang Tumbur

Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu pula ada juga warga yang mengucapkan terimakasih kepada Bupati PALI. “Alhamdulillah pak, terimah kasih kepada Bupati karena jalan sudah dicor sehinga tidak becek lagi,” ucap Eko, warga Talang Mutung yang tidak menyangka rumahnya bakal kedatangan tamu seorang Bupati.[Adv]


Baca juga:
SI JAGO MERAH LALAP RUMAH JUMADI
TKS BERANI MANGKIR, NIH RASAKAN AKIBATNYA
KEROYOKAN BANTU KELUARGA MAT TELER
BANGUNAN INI BIKIN BUPATI GALAU....
HOBI 'KULU KILIR', PEJABAT PALI DIBANGKU PANJANGKAN


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

8 Fraksi DPRD Palembang Setujui LKPJ 2016