PLN Mulai Pasang Jaringan Listrik LRT Sepanjang 76 Ribu Meter

Ekonomi  RABU, 04 JANUARI 2017 , 20:59:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

PLN Mulai Pasang Jaringan Listrik LRT Sepanjang 76 Ribu Meter

Selamat DS/RMOLSUMSEL/Raden Mohd

RMOL. Untuk mendukung operasional Light Rail Transit (LRT), Perusahaan Listrik Negara (PLN) segera melakukan pemasangan jalur api.

Pemasangan yang akan dimulai awal Januari, dengan panjang 76 ribu meter mulai dari Bandara Sultan Mammud Bararrudin (SMB) II hingga ke Jakabaring.

"Kita akan melakukan pemasangan jaringan khusus kabel tanam Sambungan Kabel Tegangan Menengah (SKTM) untuk LRT. Untuk itu, kita perlu ada koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, terkait izinnya," kata Manager PT PLN Wilayah Palembang Selamat DS kepada RMOL Sumsel usai melakukan audensi dengan Walikota Palembang, di kediaman Dinas Walikota yang terletak di jalan Tasik, Rabu (4/1/17).

Lebih lanjut disampaikan Selamat, kabel tanah sepajang 76 ribu yang ditanam tersebut, akan mensuplai sembilan gardu trakci dan 13 stasiun. Dimana, 11 titik jalur yang dibangun, akan dialiri dengan besaran tenaga listrik sebesar 34 MVA (Mega Volt Ampere).

"Meski akan memakan besaran listrik yang cukup tinggi, itu tidak akan mengganggu kontinuitas atau suplai ke masyarakat. Karena, dengan tiga gardu induk baru yang ada, akan mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk opersional kereta listrik ringan tersebut," ungkapnya.

Selamat menerangkan, saat ini sudah ada penambahan gardu induk, dalam mensuport kebutuhan listrik di Palembamg maupun di Sumatera Selatan (Sumsel).

Dimana, ada tiga gardu induk, pertama di Jakabaring dengan besaran 60 MVA, Gandus 60 MVA dan rencannya akan dilaksanakan pembangunan di new kenten dekat Bandara dengan besaran yang sama 60 MVA.

"Dengan tambahan besaran daya yang ada sekarang, kami jamin suplai listrik untuk masyarakat aman. Hanya memang terkadang persoalan teknis pengerjaan yang sering mengganggu," ulasnya.

Untuk pengerjaan penanaman, kabel akan ditanam sedalam 1,5 meter dalam tanah dipinggir jalan. Meski akan ditanam di jalur LRT, pihaknya menjamin selama pengerjaan tidak akan mengangu arus lalu lintas.

"Selama pengerjaan tidak akan membuat kemacetan. Hanya saja mungkin, selama pengerjaan, akan ada persoalan teknis yang menyebabkan pemadaman, seperti saat koneksinya. Itupun hanya berlangsung selama tiga jam," ulasnya. [rik]

Komentar Pembaca
Sahabat Rocky Gerung Melawan!

Sahabat Rocky Gerung Melawan!

KAMIS, 19 APRIL 2018 , 11:00:00

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

Jembatan Widang Di Tuban Ambruk

SELASA, 17 APRIL 2018 , 13:00:00

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

Suriah Kalahkan Amerika Serikat!

SELASA, 17 APRIL 2018 , 11:00:00

Jalan Cor Batu Kuning Telan Korban”

Jalan Cor Batu Kuning Telan Korban”

SENIN, 12 MARET 2018 , 15:20:00

Progres Taman LRT

Progres Taman LRT

SELASA, 06 MARET 2018 , 10:59:00

Paslon Pagaralam Duduk Bersama

Paslon Pagaralam Duduk Bersama

JUM'AT, 02 MARET 2018 , 10:57:00