RMOLSUMSEL

Home     


Rabu, 04 Januari 2017 , 12:42:00 WIB

Keroyokan Bantu Keluarga Mat Teler



RMOL.Rupanya kemarahan Bupati PALI Heri Amalindo saat menyampaikan sambutanya ketika melantik 232 pejabat di lingkup pemerintah Kabupaten PALI kemarin,langsung direspon beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, dimana Bupati menyinggung akan temuanya ketika blusukan di saat libur panjang Natal dan tahun baru, yang mendapati satu keluarga dengan 11 orang anak tinggal di rumah sempit serta makan pun terkadang hanya rebusan ubi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten PALI yang baru, Sumarwan berserta kepala dinas Pendidikan Abu Hanifah, Kepala BPBD baru Junaidi Anuar , serta Dinas Kesehatan dan Dinas Catatan Sipil mendatangi kediaman Mat Teler (50), keluarga yang disinggung Bupati sebagai keluarga yang layak dibantu dan harus diperhatikan. Karena selain miskin, tak satupun anak-anaknya yang bersekolah.

Ketika datang di kediaman Mat Teler dan keluarganya, rombongan tersebut tercengang mendapati satu keluarga itu baru saja selesai makan tanpa menggunakan piring, melainkan langsung makan pakai kuali,  dimana nasi dan lauknya yang hanya tempe dan daun ubi diaduk di dalam kuali tersebut.

"Kalau tidak meneteskan air mata ketika melihat keluarga ini,berarti orang itu termasuk kejam dan hatinya sudah mati. Kami juga heran kenapa masih terdapat keluarga sangat miskin disini, padahal rumahnya pinggir jalan hitam dan jarak dari pusat kota tak lebih dari 2 kilometer," ucap Sumarwan ketika ditanyai RMOL Sumsel di rumah Mat Teler, Rabu (4/1).

Dijelaskan Sumarwan, kedatangannya beserta instansi lain ke tempat Mat Teler, atas perintah Bupati untuk membantu keluarga itu.

"Kami ke sini menindaklanjuti titah Bupati kemarin,dan kami bawa beras serta keperluan makan serta selimut sebagai langkah awal untuk membantu keluarga ini," jelasnya.

Nantinya,lanjut Sumarwan, rumah Mat Teler akan didata untuk mendapatkan bantuan bedah rumah dan akan dikoordinasikan dengan dinas terkait lain apa-apa saja yang perlu diberikan untuk merubah kehidupan keluarga tersebut.

"Anaknya yang tidak bersekolah,nantinya pihak Disdik yang mengambil alih dan untuk menunjang perekonomiannya, kita akan bantu bibit ayam dan ikan.Sementara untuk yang lain-lain,kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait lainnya agar keluarga ini dibantu dan terlepas dari belenggu kemiskinan," ungkapnya.

Sementara Mat Teler merasa kaget atas kedatangan para pejabat PALI.

"Waktu pak Bupati datang kesini saja kami sangat kaget,dan hari ini kami juga tidak menyangka bakal didatangi banyak pejabat.Tentu kami merasa terharu atas semua perhatian yang diberikan pemerintah," ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Diceritakannya saat Bupati datang menemuinya beberapa hari lalu,dirinya sempat ditanya siapa saja yang pernah membantu keluarganya.

"Aku jawab dihadapan Bupati bahwa belum pernah ada pejabat yang membantu,bahkan bantuan uang tunai juga belum pernah didapat,alasan petugas kelurahan karena kami belum punya KTP.Bupati saat itu marah,dan beliau akan mengurusi kami langsung apabila tidak ada anak buahnya yang mau bekerja," kenangnya.

Usai memberikan bantuan kepada keluarga Mat Teler,rombongan yang dikomandoi Dinsos PALI tersebut,meninjau beberapa keluarga di sekitar Talang Tumbur yang rumahnya jauh dari kata layak.[Wahari]

Detik-Detik Pengibar ...

Detik-detik pengibaran bendera pada Upacara HUT ke ...

Bangku Kosong di Par ...

Rapat paripurna DPRD Sumsel dengan agenda mendeng ...

Persiapan Countdown ...

Persiapan acara countdown atau hitung mundur Asia ...

ASN Dianugerahi Saty ...

Sebanyak 215 orang Aparatur Sipil Negeri (ASN) di ...

Kepulan Asap Membumb ...

Siang bolong kemarin (15/8), warga Kota Baturaja ...

SIM Gratis Bagi yang ...

Kabar gembira bagi masyarakat Ogan Komering Ulu ( ...

Musi Bercorak Berlan ...

Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus memperca ...

Paskibraka 2017 Diku ...

Gubernur Sumsel Alex Noerdin melantik dan menguku ...

Musnahkan Narkoba

Mapolda Sumsel memusnahkan barang bukti Narkoba S ...

Kalidoni Sambut Hang ...

Untuk lebih memperkenalkan diri kepada warga Keca ...

POLITIK
Dihadiri Amien Dan Prabowo, Rachmawati Menangis Saat Prosesi Detik-detik Proklamasi

Kamis, 17 Agustus 2017 , 10:40:00 WIB

Universitas Bung Karno (UBK) menggelar upacara detik-detik peringatan proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia di kampus utama Jl. Kimia, Me ...

EKONOMIBenarkah Makro Ekonomi Kita Sukses?

Kamis, 17 Agustus 2017 , 09:40:00 WIB

AKHIR-akhir ini para pejabat penting di bidang ekonomi dan keuangan pemerintahan sibuk membanggakan "sukses" dengan kebijakan makro ekonomi ...

SOSIALOrangtua Kelupaan, Ridho Bingung dan Untungnya Ditolong Polisi

Rabu, 16 Agustus 2017 , 22:29:00 WIB

Mata Ernizawati (36) langsung berkaca-kaca saat menemui Kapolres  Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Dra NK Widayana Sulandari di ruang ker ...

KRIMINALAkibat Dendam Lama, Remaja 15 Tahun Ditikam Hingga Tewas

Kamis, 17 Agustus 2017 , 10:53:00 WIB

Sungguh malang nasib Benny Saputra alias Aben (15), remaja tanggung ini terbaring tak bernyawa lagi di Rumah Sakit Palembang BARI ...

POLLING

Pentingkah Event Internasional Untuk Masyarakat Sumsel?
Penting
Tidak Penting
Tidak Menjawab
  Polling Yang Lalu