RMOLSUMSEL

Home      RMOL Group


SUASANA POLITIK SUMSEL 2017 'PANAS'
KHUSUSNYA DI PALEMBANG DAN PILGUB SUMSEL
SENIN, 02 JANUARI 2017 , 13:40:00 WIB
LAPORAN: RAHMAD RAMLI

ARDIYAN SAPTAWAN/ RMOLSUMSEL
  

RMOL. Tahun 2017 ini pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sumsel memang hanya ada satu yakni di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Namun suasana di Muba tidak sepanas di Palembang dan Sumatera Selatan meski dilaksanakan pada 2018 mendatang.

"Ada dua hal yang menyebabkan mengapa berjalan dinamis atau panas yakni Pilkada Palembang dan Pilgub Sumsel. Memang ada beberapa daerah lain juga Pilkada namun suasana kebatinan politik masyarakat Sumsel tidak sepanas di Palembang," ungkap pengamat politik Sumsel, Ardiyan Saptawan kepada RMOLSumsel, Senin (2/1).

Dijelaskan Ardiyan, hingga saat ini ketokohan politik Alex Noerdin belum ada padanannya. Sosok Ishak Mekki sebagai Wakil Gubernur masih belum mampu menyamai sosok Alex. Sementara Alex sendiri sudah dua kali menjadi gubernur.

"Artinya, meski Ishak Mekki masuk incumbent namun posisinya tidak sekuat Alex dan ini keuntungan bagi pesaingnya. Sekarang tinggal bagaimana mereka (pesaing) untuk meningkatkan popularitasnya. Hal inilah akan terjadi persaingan yang panas. Tahun 2017 ini jadi penentu para calon untuk memenangkan persaingan di tahun 2018 nanti," ungkap Wakil Dekan I Universitas Sriwijaya (Unsri) ini.

Hal yang sama juga terjadi di Palembang. Sosok Harnojoyo tidaklah mendominasi akibat permasalahan politik di masa lalu. Sejauh ini penokohan Harnojoyo tidaklah kuat dan ini juga jadi keuntungan para penantang incumbent.

"Harno ada masalah di awal masa jabatannya dan terus terang akan menjadi catatan buruk di masyarakat. Hal ini juga bisa jadi senjata para penantangnya nanti," ucap Ardiyan.

Dia memandang, baik Harnojoyo dan Ishak Mekki peluangnya sama besar dengan calon penantang. Sehingga akan terjadi persaingan yang panas. Di satu sisi mempertahankan jabatannya, di sisi lain para pesaingnya juga mengetahui titik lemah incumbent.

"Kota Palembang sebagai ibukota Sumsel tentu terkena imbas politik yang sangat besar. Sehingga prediksi suasana politik di Palembang 2017 akan panas atau dinamis," katanya. [rhd]


Baca juga:
2017, HARNOJOYO FOKUSKAN PEMBANGUNAN MENTAL
DIPERKENALKAN LEWAT PERTANDINGAN GAPLE TAHUN BARU
WAGUB: TAHUN 2017 HARUS OPTIMIS
DIPERIKSA 7 JAM, SUAMI CAWAGUB JAKARTA MENGAKU TRANSFER DANA KE PENYEBAR ISU SARA
AGAR PILKADA AMAN DAN LANCAR, POLRES MUBA GELAR ISTIGOSAH PADA 1 JANUARI


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Ahok-Djarot Heran, Lalu Tertawa dan Me-warning Para Rival
Ini Kejutan! Raja Arab Akan Berada Lama di Indonesia...
Pedas.... Ahok Sindir Silvy Ngebet Pimpin DKI