Akhir Tahun dan Masa Liburan, Pemohon Paspor Meningkat

laporan: Edwinsyah

Sosial  MINGGU, 01 JANUARI 2017 , 08:36:00 WIB

RMOL. Permohonan pembuatan paspor baru dan perpanjangan di Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim dalam sebulan terakhir mengalami peningkatan hingga 25 persen dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Peningkatan tersebut terjadi karena pada akhir tahun banyak masyarakat yang akan berangkat liburan menjelang Tahun Baru 2017 dengan berwisata ke luar negeri bersama keluarga, rekan kerja, maupun mitra bisnis.

"Selain bertepatan dengan masa liburan, bulan Desember juga banyak masyarakat yang berangkat umroh dan mulai mempersiapkan paspor untuk berangkat haji, kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, Telmaizul Syatri, Sabtu (31/12).

Dari tiga aktivitas tersebut, sambungnya, umroh yang paling mendominasi peningkatan permohonan pembuatan paspor baru dan perpanjangan mencapai 20-25 persen. Lalu diikuti pembuatan paspor untuk liburan yang meningkat sekitar 5 persen serta persiapan berangkat haji.

Dirinya menyebut, untuk mengatasi peningkatan permohonan pembuatan paspor tersebut, pihaknya mengoptimalkan petugas loket pelayanan yang mulai bekerja pukul08.00 - 14.00 WIB.

“Berapapun banyaknya permohonan pembuatan paspor baru dan perpanjangan, petugas kita siap memberikan pelayanan terbaik sesuai jadwal jam kerja yang telah ditentukan,” tutur dia.

Di sisi lain, sambungnya, jika sesuai standar operasional prosedur atau SOP dan jam kerja, maka permohonan pembuatan maupun perpanjangan paspor akan diproses dengan baik. "Dalam waktu empat hari jika tidak ada kekurangan atau masalah hukum bisa diterbitkan paspornya," tukasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00