RMOLSUMSEL

Home     


PAGELARAN BUDAYA PASUKAN GARUDA DI KONGO
SABTU, 24 DESEMBER 2016 , 21:57:00 WIB

PBB/NET
  

RMOL. Menjelang penugasannya sebagai peace keeper pada misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo, Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Konga XX-N/Monusco beberapa waktu lalu menggelar pagelaran budaya. Bertempat di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Sentul, Bogor.

Selain menggelar tari-tarian budaya Indonesia, seperti Tari Saman dan Tari Tor-tor, Pasukan Garuda Konga XX-N/Monusco juga menampilkanatraksi Kuda Lumping, kesenian Marawis, dan bela diri Yongmoodo.
 
Penampilan Pasukan Garuda padapagelaran budaya Indonesia disaksikan langsung antara lain Wakil Komandan PMPP TNI Kolonel Pnb. Engkus Kuswara, Komandan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco Mayor Czi Nur Alam Sucipto, para Perwira Staf di lingkungan PMPP TNI dan Satgas Kizi TNI.
 
Wakil Komandan PMPP TNI Kolonel Pnb Engkus Kuswara antusias dan sangat menikmati penampilan para personel Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco dalam memerankan berbagai tarian dan atraksi.
 
Usai pagelaran budaya, Kolonel Pnb Engkus Kuswara menyatakan bahwa Pasukan Garuda yangtergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco sudah layak menampilkan seni di daerah misi.

"Mereka sangat mahir dalam mempertunjukkan seni budaya Indonesia," ucapnya dalam siaran pers seperti diberitakan RMOL (Induk RMOL Sumsel), Sabtu (24/12).
 
Wadan PMPP TNI Kolonel Pnb Engkus Kuswara menyampaikan terima kasih dan rasa kagumnya atas penampilan dan ketrampilan para prajurit Kontingen Garuda. Hal tersebut disampaikannya kepada Dansatgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco Mayor Czi Nur Alam Sucipto.
 
Sementara itu, Dansatgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco Mayor Czi Nur Alam Sucipto mengatakan bahwa penampilan seni budaya Indonesia rencananya akan digelar saat pelaksanaan Medal Parade atau pemberian medali oleh United Nation kepada prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco selama melaksanakan misi di Kongo.
 
"Pada hakikatnya selain menjadi bagian dari personil penjaga perdamaian dunia yang bertugas di Republik Demokratik Kongo, para personil Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco juga menjadi duta budaya bangsa guna mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia di dunia internasional, terutama di daerah misi," jelasnya.
 
Sebelumnya, 175 Prajurit TNI Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco yang terdiri dari 151 personil TNI AD, 19 personil TNI AL, dan lima personil TNI AU telah melaksanakan pelatihan pra tugas di PMPP TNI dengan materi yang menggambarkan tugas di misi. Sehingga para prajurit akan siap ditugaskan selama setahun dalam misi Peacekeeping Operation di Kongo.
 
Adapun, materi latihan yang didapatkan meliputi materi umum berupa CPTM (Core Pre Deployment Training Material), CPDT (Core Pre Deployment Training), materi teknis, materi pendukung dan beberapa materi aplikasi yang dirancang khusus guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas. Semua materi yang diberikan kepada peserta PDT merupakan bekal persiapan yang dirancang sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan SOP (Standar Operasi Prosedur) dan ROE (Rule Of Engagment) di daerah misi serta sejalan dengan tuntutan operasi penugasan. [rik]


Baca juga:
POLRI TETAPKAN SIAGA SATU
PERAN PENTING ISLAM
GEREJA AMAN IBADAH TENANG
GERAKAN ONE DAY ONE CARE
BERBAGI KASIH PERINGATAN HARI IBU


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Hebat, Anak SD Gali Legenda Bumi Serepat Serasan Pakai Ini..
Tahun Ini PALI Dapat Tambahan Kuota 6 CJH
Istri Dandim Muara Enim Datangi PALI, Hanya Untuk Ini..