RMOLSUMSEL

Home     


BUPATI: ANDALKAN SDM UNTUK BANGUN DAERAH
LAPORAN : EDWINSYAH SATRIA
JUM'AT, 23 DESEMBER 2016 , 18:40:00 WIB

TALK SHOW INOVASI/RMOLSUMSEL/EDWINSAH
  

RMOL. Kreativitas menjadi salah satu faktor yang memungkinkan ditemukannya ide ide baru. Dari itu, hendaknya memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi andalan membangun daerah.

"Paradigma dalam membangun daerah dari kebanggaan mengandalkan kekayaan sumber daya alam diubah menjadi kemauan dan kemampuan mengandalakn SDM. Dan melalui penumbuhan inovasi kreatif serta memperkuat jejaring dan memanfaatkan teknolgi," ujar Bupati Muara Enim, Muzakir dalam sambutannya saat membuka Talk Show Inovasi Daerah di Gedung Bappeda, Jumat (23/12).

Selain itu, Bupati juga mengatakan, pelaksanaan inovasi juga diatur dalam pasal 44 UU nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatut sipil negara. Dalam hal itu, mengamanatkan kepada Pemerintah daerah untuk mendorong dan menumbuhkrmbangkan inovasi pelayanan publik.

"Inovasi tidak perlu mahal dan mewah, tetapu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di kabupaten muara enim, yang hasilnya harus bisa dimanfaatkan dan dirasakan," ujar Bupati.

Inovasi, lanjut Bupati, memang bukan segala galanya, tapi dengan inovasi diharapkan akan dapat memberikan ruang berfikir lain bagi kita selaku pelayan masyarakat," dari itu, hendaknya tiap-tiap Kepala SKPD memiliki dan berinisiatif menciptkan satu inovasi," harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana yang kuga Kepala Bappeda Muara Enim, Abdul Najib mengatakan, tujuan dilaksanakannya talk show ini adalah juga mempromosikan gerakan one agency one inivation (OAOI) yang mewajibkan setiap lembaga di indonesia menciptkan satu inovasi.

"Ini merupakan tindak lanjut diteyapkannya ME sebagai pilot project laboratorium inovasi daerah oleh Lembaga Administrasi Negara RI pada tahun 2015 yang lalu," terangnya Najib.

Selanjutnya, untuk memberikan apresiasi kepada penggagas inovasi, Pemkab Muara Enim telah memilih 10 inovasi terbaik yang dinilai oleh Bapak Suripto dari LAN-RI berdasarkan aspek kebaruan, solusi masalah, kemanfaatan, kesinambungan dan konpatibilitas.

"Diharapkan dengan adanya talkshow ini, tiap tiap SKPD terpanggil untuk menciptakan satu inovasi yang bermanfaat dan busa berguna, baik itu untuk kedinasan maupun masyarakat umum," pungkasnya. [rik]


Baca juga:
MENTERI PDIP: JUMLAH PEKERJA ASING YANG BERSELIWERAN DI MEDSOS ADALAH BOHONG
PRESIDEN JOKOWI : SEBUAH KESENANGAN, SEBUAH KEBAHAGIAAN
PASEK PASTIKAN BANYAK ANGGOTA DPD YANG MASUK HANURA
RACHMAWATI TERHARU TERIMA BELA NEGARA AWARD
PEMANGKU KEPENTINGAN DI MUARA ENIM WAJIB PERHATIKAN EKSISTENSI PEREMPUAN


Komentar Pembaca

Melonjak 18 Kali, Kapitalisasi Pasar Saham BBRI Tembus Rp 188,7 Triliun






Berita Populer

Setahun Heri-Ferdian, Pemkab PALI Undang Da'i Kondang
Kuliner Palembang Lebih Enak dari Jabar
Ingat! Valentine Day Bukan Budaya Indonesia