Menkominfo Pikirkan Teknologi Untuk Keberlangsungan Industri Siaran Radio

Politik  SABTU, 17 DESEMBER 2016 , 13:38:00 WIB

Menkominfo Pikirkan Teknologi Untuk Keberlangsungan Industri Siaran Radio

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara/NET

RMOL. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengaku sangat memperhatikan perkembangan teknologi yang terkait lembaga penyiaran seperti radio dan televisi.

Soal siaran radio, menurutnya, para pendengar khususnya di kawasan Jakarta lebih memilih mendengar siaran radio secara streaming. Tetapi, ketika para pendengar streaming itu berada di luar Jakarta maka mereka akan beralih ke perangkat radio biasa.

"Kenapa ini terjadi, karena infrastruktur yang menjadi dasar perubahan ini belum ada di seluruh Indonesia," ujarnya dalam diskusi berjudul "Radio Perekat NKRI, Satu Suara Berjuta Telinga", di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/12).

Dari 514 kabupaten di seluruh Indonesia, lanjut Rudiantara, hanya 400-an yang sudah memiliki broadband, dan hanya sekitar 300 kota yang sudah punya akses lewat 4G.

"Jadi hampir 200-an lagi yang belum," ungkapnya.

Karena itu pemerintah mengeluarkan banyak program untuk menyamai perubahan teknologi tersebut, yang salah satunya adalah Palapa Ring.

"Bagaimana ibukota kabupaten atau kota seluruh Indonesia sudah punya akses broadband dengan struktur KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha)," jelasnya.

Meski demikian, Rudiantara menekankan bahwa pemerintah menyiapkan infrastruktur dan teknologi bukan bertujuan agar masyarakat berpindah dari radio konvensional ke streaming yang memanfaatkan internet.

"Sustainibility dari industri ini penting, tidak agar biayanya menjadi beban masyarakat," tegasnya. [ald]

Komentar Pembaca
Persiapan Reuni Akbar 212

Persiapan Reuni Akbar 212

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 18:27:00

Diskusi Tolak Ahok

Diskusi Tolak Ahok

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 14:16:00

Anie Baswedan dan Wartawan

Anie Baswedan dan Wartawan

JUM'AT, 22 NOVEMBER 2019 , 20:59:00