Sejak Dini, Pelajar Indonesia Harus Diajari Nilai Pancasila

Sosial  SENIN, 28 NOVEMBER 2016 , 23:33:00 WIB | LAPORAN: SADAM MAULANA

Sejak Dini, Pelajar Indonesia Harus Diajari Nilai Pancasila

Kepala SMA Widya Karya Saim Marhadan/RMOLSumsel-ana

RMOL. Sebagai ideologi dasar negara Indonesia, nilai Pancasila harus tertanam di setiap diri pelajar. Penguatan nilai Pancasila untuk membentuk karakter siswa juga harus dilakukan sejak dini, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Demikian dikatakan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Abdul Aziz, di hadapan ratusan siswa SMA Widya Karya saat menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kertapati Palembang, Senin (28/11).

"Jika nilai Pancasila sudah ditumbuhkan sejak dini, maka penguatannya akan tertanam hingga mereka mengenal pengetahuan lebih luas di perguruan tinggi," kata dia.

Menurut Anggota Komite III DPD RI itu, pola pendidikan saat ini harusnya lebih menekankan penanaman nilai moral yang sesuai dengan Pancasila, sejak prasekolah, hingga SMA.

Dimana untuk saat ini, Pancasila terkadang kurang dipahami sebagai ideologi yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari berbangsa serta bernegara.

Akibatnya, saat ideologi dan pengaruh asing masuk dalam pemahaman para siswa, akan terjadi pergeseran nilai yang berujung pada runtuhnya nilai-nilai akhlak.

"Ini yang kita takutkan. Karena itu sangat penting memberi pemahaman ideologi Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan. Karena ketika nilai tersebut tertanam dengan baik, maka karakter yang baik juga akan tercipta dan dapat mewujudkan manusia yang berbudi luhur dan berakhlak," terangnya.

Kepala SMA Widya Karya Saim Marhadan menjelaskan, pendidikan budi pekerti dan keluhuran sudah menjadi kewajiban bersama untuk memberikannya pada para siswa.

Dan sekolah, terangnya, memiliki tugas khusus untuk membimbing para siswa agar memiliki jiwa dan semangat dalam penerapan ideologi Pancasila.

"Sekolah harus mengajarkan ideologi Pancasila kepada para siswa agar lebih terdidik dan mengamalkan pilar-pilar kebangsaan. Khususnya Pancasila," kata Saim. [ida]

Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00