Rakornas Gubernur se-Indonesia

Politik  KAMIS, 24 NOVEMBER 2016 , 23:57:00 WIB

Rakornas Gubernur se-Indonesia

RMOL

RMOL. Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri rapat koordinasi membahas kerawanan jelang pilkada serentak 2017 dan penguatan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), bersama seluruh gubernur se-Indonesia di gedung Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)Jakarta Pusat, Kamis (24/11).

Rakor ini dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dengan diawali paparan dari berbagai unsur terkait. Seperti Ketua KPK Agus Rahardjo, Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tiro Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Kepala BNPT Suhardi Aliyus

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, rakornas dan diskusi sengaja dilakukan untuk memberi pemahaman kepada seluruh gubernur di Indonesia. Mengingat, gubernur merupakan pemimpin yang langsung dipilih oleh rakyat.

Menurut dia, dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo ini, posisi gubernur menduduki posisi yang lebih tinggi dari pada pejabat setingkat menteri. Sebab, selain dilantik langsung kepala negara, mereka juga dianggap sebagai pembantu presiden di daerah, dan mengemban amanah dari rakyat sebagai kepala daerah.

"Gubernur itu dipilih oleh rakyat, amanat rakyat. Pangkatnya bisa setiap saat berkomunikasi dengan presiden. Jadi, pertemuan ini bukan karena negara lagi genting," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Mendagri Tjahjo Kumolo juga mengharapkan para gubernur dapat meredam potensi konflik serta memelihara kondisi damai dalam waktu dekat ini  karena akan berlangsungnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2017, serta terus berkordinasi dengan instansi lain seperti Polri, TNI, dan Kejaksaan. Menurutnya, Hal ini penting dilakukan sebagai upaya deteksi dini di daerah. “Bukan hanya itu, berkomunikasi juga dengan para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat,” ujarnya seperti dilansir dari laman Kemendagri.

Selain Gubernur Sumsel Alex Noerdin, gubernur se-Indonesia yang ikut dalam rakornas tersebut yakni Gubernur Bengkulu, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Tengah, serta Wakil Gubernur Maluku Utara.

Nampak hadir juga, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Sulawesi Barat, Plt Gubernur Aceh, Wagub Sulawesi Tenggara, Gubernur Riau, Gubernur Jambi, Wagub Kalimantan Timur, Gubernur Sulawesi Selatan, Plt Gubernur Gorontalo dan Gubernur Sulawesi Utara, serta Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian, Gubernur NTB, Gubernur Bali, Gubernur Banten, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Jawa Barat, Gubernur NTT, Gubernur Kepulauan Riau, Gubernur Lampung, Plt Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur Maluku, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Kalimantan Utara, dan Gubernur Papua.[rik]


Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00