Bidar dan Lomba Perahu Hias di Palembang Tetap Lestari

Besok Final di BKB

Sosial  SELASA, 16 AGUSTUS 2016 , 21:54:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Bidar dan Lomba Perahu Hias di Palembang Tetap Lestari
RMOL. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang akan jatuh pada tanggal 17 Agustus, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar lomba bidar tradisional dan Parade perahu hias di Sungai Musi Palembang.

Pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 71 tahun ini, diikuti 9 tim yang akan mengikuti lomba bidar tradisional, dan 17 perahu hias dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan beberapa perusahaan swasta di Palembang.

"Start lomba dimulai dari eks dermaga Fery 35 Ilir di kapal Segentar Alam dekat Dishub, lalu finish ke depan panggung kehormatan BKB Palembang," ungkap Koordinator perlombaan bidar dan kapal hias dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palembang Sudirman.

Lebih lanjut diterangkan Sudirman, penilaian lomba untuk bidar akan diambil siapa yang tercepat dan perahu hias akan dinilai paling unik. Dan final kegiatan akan dilangsungkan besok berteparan dengan HUT Kemerdekaan RI, Rabu (17/8).

"Bdar tradisional ini satu-satunya budaya di Indonesia yang sampai saat ini masih lestari. Sebab untuk 1 perahu bidar harus berukuran panjang 29 meter, lebar 1.5 meter dan tinggi 0.8 meter. Dimana, untuk 1 tim maksimum 57 orang, yang terdiri dari 1 orang juragan/kemudi, 1 orang tukang timba air, dan 55 pendayung," terangnya. [yip]

Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00