Ibu-ibu Dayung Perahu, Seru!!

Ragam  SENIN, 15 AGUSTUS 2016 , 23:25:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Ibu-ibu Dayung Perahu, Seru!!
RMOL. Sejumlah kegiatan perlombaan, digelar Pemerintah Kecamatan termuda di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), yakni Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR) dalam perayaan memeriahkan HUT RI ke 71.

Salah satu cabang perlombaan Bidar (mengayuh perahu) yang pertama kali diperlombakan di tingkat kecamatan tersebut. Dan ini menjadi pusat tontonan warga sekitar. Apalagi pesertanya cukup seru. Dimana ibu-ibu tak ketinggalan menjadi peserta.

“Peserta lomba bidar ini diikuti oleh 48 tim, 28 tim Putra dan 20 Tim Putri, dan hari ini masih babak penyisihan,” kata Marwansyah Ketua Koordinator Perlombaan didampingi Adi Windra, Seksi Perlombaan Bidar Kecamatan KPR di Desa Kedaton kemarin.

Marwansyah menjelaskan, perlombaan bidar ini sudah turun temurun sejak puluhan tahun lalu selalu dilombakan pada saat memperingati HUT RI khusus bagi warga Desa Kedaton.

"Semenjak Kedaton menjadi ibu Kota Kecamatan pada tahun lalu, perlombaan ini diikuti oleh perwakilan warga 8 Desa, yaitu Desa Kedaton, Bunglai, Kedaton Timur, Rantau Panjang, Kampai, Suka Pindah, Lubuk Kemiling, dan Sinar Kedaton," beber Marwansyah.

Adi Windra menambahkan, pihaknya selaku Panitia lomba Bidar sengaja membuka perlombaan ini secara umum, bukan sebatas warga Kecamatan KPR, yang bertujuan untuk lebih memeriahkan peringatan HUT RI yang ke 71 karena sudah skala Kecamatan.

"Pesertanya tidak di batasi, mau datang dari mana saja kami terima, asalkan bagi yang tidak bisa berenang tidak diperkenankan untuk ikut serta, mengingat lomba ini di sungai, itu kami lakukan untuk menghindari hal  yang tidak di inginkan,” tambahnya.

Masih kata Adi Windra, meskipun peserta lomba bidar tersebut dipastikan bisa berenang semua, akan tetapi tim evakuasi siaga di sepanjang jalur sungai.

"Kita siapkan 2 buah perahu ketek untuk mendampingi peserta dengan tim penyelamat, karena hampir setiap kali start ada saja yang perahunya karam, dan lomba pada babak penyisihan hari ini setiap start hanya 3 tim, Insya Allah hari ini kami sudah ada 8 tim putra yang akan berlaga besok, sedangkan tim putri tersisa 6 tim,” katanya.

Sementara itu, Ita (21) salah seorang Penonton dari Kecamatan Peninjauan mengaku sangat senang sekali melihat perlombaan bidar di Kecamatan KPR, apalagi bisa menonton dari atas Jembatan Sungai.

”Pokoknya seru.., apalagi melihat para peserta yang begitu semangat mendayung perahunya, ada juga yang karam sebelum sampai garis Finish dan disoraki penonton, namum pesertanya tetap semangat, tadinya sih... sempat gugup lihat yang perahunya karam, ehh. Nggak taunya mereka bisa berenang semua,” ungkap Ita.

Pantauan di lapangan ribuan penonton sempat memacetkan lalu lintas jalan hingga 3 jam, karena seluruh penonton tumpah diatas jembatan sungai ogan. [yip]

Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00