Vinita Citra Karini Paparkan Keberhasilan Lalang Sembawa Juara PHBS Nasional

KABUPATEN BANYUASIN  JUM'AT, 29 JULI 2016 , 14:35:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

Vinita Citra Karini Paparkan Keberhasilan Lalang Sembawa Juara PHBS Nasional

RMOLSUMSEL

RMOL.Ketua TP-PKK Kabupaten Banyuasin, Vinita Citra Karini SE MSi didaulat memberikan paparan di hadapan ratusan kader PKK pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IX TP-PKK Provinsi Sumsel dan Rapat Konsultasi (Rakon) PKK se-Sumsel di Griya Agung, pada Selasa (26/7) lalu.

Vinita memaparkan keberhasilan Kabupaten Banyuasin meraih juara pertama lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional tahun 2016.

Berbagai progam dan upaya yang dilakukan Pemkab Banyuasin, khususnya Desa Lalang Sembawa di ceritakan Vinita kepada peserta agar juga dapat diterapkan di daerah lain di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

"Keberhasilan Desa Lalang Sembawa, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin menjuarai PHBS tingkat Nasional 2016 berkat komitmen dan kerja keras masyarakatnya dibantu pemerintah tentunya. Maka dari itu kami bangga," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua TP PKK Sumsel, Hj Eliza Alex kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel menyampaikan rasa bahagianya akan keberhasilan yang telah dicapai Desa Lalang Sembawa tersebut.

"Apa yang diraih Kabupaten Banyuasin ini diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi TP PKK kabupaten/kota lainnya, karena kalau Banyuasin bisa kenapa daerah lainnya tidak," tantang istri Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ini.

Disampaikan Eliza, setiap daerah memiliki kelebihan, keunggulan dan kekurangan masih-masing. Bersama pemerintah keberhasilan demi keberhasilan hanya menunggu waktu saja.

"Salah satu bentuk dukungan pemerintah melalui Rakerda ini. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud upaya Pemprov Sumsel untuk terus memberikan perhatian besar dalam memfasilitasi dan mendorong gerakan PKK agar terus tumbuh dan berkembang, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam menyukseskan pembangunan daerah bersama-sama masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang membuka acara secara resmi menilai kemitraan yang baik dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat akan mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan keluarga, khususnya di Sumsel. Sehingga bisa terwujud masyarakat yang sehat sejahtera, berkualitas, dan mandiri.

"Keberhasilan Banyuasin pada lomba PHBS tingkat Nasional tahun ini, wujud dari terjalinnya komunikasi dan kerjasama yang baik antara pemerintah, TP PKK dan masyarakatnya. Saya selaku Gubernur pun ikut bangga," katanya.

Menurut beliau , PKK merupakan wadah terbesar yang sampai pada masyarakat pedesaan. Jika digerakkan dengan baik, maka akan memberikan sumbangsih besar. Tentunya dengan tidak berjalan sendiri, namun bermitra secara sinergi dengan lembaga swadaya masyarakat, komponen masyarakat, dan Pemerintah Daerah.

Alex mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat menjadi wahana strategis mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama setahun berjalan. Pasalnya, program TP PKK harus mengakomodir aspirasi provinsi dan kabupaten/kota, mengingat para kader di tingkat bawah lebih memahami kondisi dan potensi daerahnya yang berbeda-beda.

“Secara garis besar, Sumsel sudah menjadi provinsi yang diperhitungkan di Indonesia, khusus kepada TP-PKK di daerah harus berperan aktif mengangkat seluruh kaum wanita di daerah masing-masing untuk ikut serta menyukseskan pembangunan,” terang Alex di hadapan ketua TP-PKK kabupaten/kota se-Sumsel.

Pembina TP-PKK Provinsi Sumsel, Alex juga menginginkan dengan adanya Rakerda ini TP- PKK mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga dan masyarakat, sehingga dapat mendukung program Pemprov Sumsel.

"Salah satunya, Program Gerakan Terpadu Serentak Semesta Menuju Keluarga Mandiri guna mengentaskan kemiskinan di segala aspek," pungkasnya. [rik/rel]

Komentar Pembaca
Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Mahasiswa Demo, Sejumlah Akses Jalan Palembang Macet Parah