PKK Banyuasin: Kebun Hydroponic Beri Banyak Manfaat

KABUPATEN BANYUASIN  SELASA, 26 JULI 2016 , 10:17:00 WIB | LAPORAN: ERIK OKTA

PKK Banyuasin: Kebun Hydroponic Beri Banyak Manfaat

kebun hydroponic

RMOL.Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyuasin Vinita Citra Karini pagi ini, Selasa (26/7), membuka Bimtek Budidaya Hydroponik. Bimtek diselenggarakan atas kerjasama TP-PKK dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Banyuasin.

Bimtek yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Banyuasin ini diikuti 40 peserta. Mereka merupakan kader Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan.

Banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh dengan teknik hydroponik dibandingkan dengan budidaya konvensional. Vinita berharap, para peserta bisa dengan maksimal memanfaatkan bimtek untuk mendapatkan ilmunya.


“Selain bisa diterapkan di lahan sempit, pangan yang dihasilkan dari teknik hydroponik juga lebih bersih dan higienis, hemat air, pupuk dan juga bernilai estetika,” ungkap wanita yang akrab disapa Tita ini.

Vinita juga berharap setelah kegiatan ini para peserta dapat mempraktikkan pengetahuan yang telah didapat di wilayah binaannya masing-masing.

“Setelah ini saya harap, peserta dapat memanfaatkan pekarangan kantor maupun rumah masing-masing untuk tanaman hydroponik ini,” imbaunya.

Dengan demikian diharapkan setiap rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam jumlah yang cukup dan terjangkau oleh masyarakat itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Banyuasin Babul Ibrahim kepada Rakyat Merdeka Online Sumsel menjelaskan, ada lima narasumber yang disiapkan untuk memberikan materi mengenai bercocok tanam dengan hydroponik pada bimtek kali ini. Dituturkannya, budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah saat ini sedang trend di tengah masyarakat.

"Harapan kami melalui kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi Banyuasin kedepannya,"katanya. [ida]


Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00