Diguyur Hujan, Peserta JPD Mengungsi ke Dalam GOR Baturaja

Sosial  MINGGU, 24 JULI 2016 , 21:58:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Diguyur Hujan, Peserta JPD Mengungsi ke Dalam GOR Baturaja

peserta jpd mengungsi ke dalam GOR Baturaja/RMOLSumsel-win

RMOL. Ratusan peserta Jambore Pemuda Daerah (JPD) Se-Sumsel 2016, yang dipusatkan di areal Gedung Olahraga (GOR) Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), terpaksa mengungsi ke dalam GOR.Kemah-kemah tempat mereka menginap tak memungkinkan untuk dihuni setelah diguyur hujan deras dua malam berturut-turut.


Kemarin, Sabtu (23/7), digelar Malam Pentas Seni Budaya. Kegiatan tersebut mendadak dihentikan pada pukul 22:20 WIB, lantaran hujan deras menguyur. Untungnya hujan turun saat penampilan terakhir, yaitu peserta JPD dari Kabupaten Lahat.

Pantauan di lapangan, pada malam kedua JPD itu ratusan peserta putra maupun putri lari tunggang langgang mencari tempat berteduh. Panggung mendadak gelap. Hiburan dihentikan.

Waktu menunjuk sekitar pukul 23:00 WIB, hujan belum juga reda. Sebagian peserta JPD belum bisa istirahat di beberapa tenda putri warna biru, yang terletak di belakang gedung. Ini karena sebagian tenda tidak bisa dipakai karena terkena genangan air. Para peserta ini terlihat termangu memeluk lutut di teras GOR Baturaja. Mereka terlihat kedinginan, sembari menanti hujan reda.

"Kami nggak bisa masuk tenda. Untuk sementara kami istirahat di teras GOR ini dulu. Sampai hujan reda dan tidak ada lagi genangan air di sekitar tenda," kata seorang peserta yang enggan menyebut namanya.

Menurutnya, di dalam tenda mereka tergenang air. Untuk itu mereka mengungsikan barang-barang agar tidak terendam. 

"Kalau tendanya sih memang bagus tidak bocor juga nyaman ditempati. Tetapi genangan air disekitar tenda yang mengganggu bahkan masuk ke dalam tenda. Makanya kami memindahkan barang-barang di dalam tenda he halaman GOR ini agar tidak basah," ceritanya.

Sementara itu, melalui pengeras suara, panitia mengumumkan agar peserta JPD tidur di dalam GOR. Di sebelah kanan untuk putra dan sisi kiri untuk putri.

Sebelum hujan, Pentas Seni Budaya JPD Se-Sumsel 2016 di Halaman GOR Baturaja berlangsung meriah. Satu per satu peserta JPD dari kabupaten dan kota menampilkan kesenian daerah masing-masing. Para penonton memberikan tepukan dan aplus, mereka tampak sangat terhibur dengan penampilan para pesrta dari  14 kabupaten/ kota ini.

Kabid Pemuda Disporabudpar OKU Iwan Setiawan mengatakan, setelah Pentas Seni akan dilanjutkan Lomba Poco-poco, Senam Kreasi Pemuda, Lomba Olahraga Tradisional, Lomba Penyajian Kuliner Tradisional, dan Penyelenggaraan Outbound.

"Untuk semua kegiatan kita gelar di GOR Baturaja kecuali kegiatan outbound di Dodiklatpur," ungkap Iwan. [ida]


Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00