Bagus Ini! Panitera Rohadi Terima Penangkapannya dan Akui Kesalahan..

Laporan: Johannes Nainggolan

Kriminal  RABU, 13 JULI 2016 , 07:59:00 WIB

Bagus Ini! Panitera Rohadi Terima Penangkapannya dan Akui Kesalahan..

panitera muda pn jakpus rohadi/net

RMOL.Panitera Muda Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) Rohadi, ternyata tidak pernah menyetujui gugatan praperadilan terkait penangkapan dan penetapan dirinya sebagai tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara pedangdut Saipul Jamil di PN Jakut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.


Pengacara Rohadi, Hendra Hendriyansah, menjelaskan pengajuan praā€ˇperadilan diajukan kantor pengacara Anditas Lawfirm yang diwakili Tonin Singarimbun tanpa sepengetahuan kliennya. Bahkan, lanjut Hendra, kliennya mengaku tidak pernah menyetujui pengajuan praperadilan.

Hal tersebut diketahui Hendra setelah menemui Rohadi di Rutan C-1 di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Selasa (12/7).

"Setelah berbincang selama 1,5 jam, pak Rohadi bilang (Praperadilan) itu tanpa seizin dan persetujuan dari Pak Rohadi. Yang artinya Pak Rohadi mengatakan dia menolak dengan tegas terkait dengan wacana praperadilan," ujar Hendra seusai menemui kliennya di Gedung KPK, Selasa (12/7).

Hendra menambahkan, Rohadi sudah memerintahkan untuk mencabut praperadilan tersebut dari PN Jakpus. Bahkan, Rohadi sudah membuat surat pencabutan Tonin sebagai pengacaranya.

"Pencabutan surat kuasa yang bersangkutan karena melakukan suatu tindakan di luar kehendak prinsipal, dalam hal ini Pak Rohadi," jelas Hendra.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, kliennya memilih untuk fokus kepada kasus yang menimpanya. Rohadi, lanjut Hendra tidak ingin kasusnya melebar. Menurut Hendra, kliennya sudah mengakui perbuatannya. Kasus ini dianggap sudah jelas. Mengenai penangkapan, penahanan dan penetapan tersangka serta barang bukti sudah konkret.

"Kalau praperadilan belum tentu apa yang diharapkan tercapai, tapi akan menimbulkan luka baru," ujar Hendra.

Sebelumnya pengacara Rohadi, Tonin Singarimbun menilai KPK menyalahi kewenangan dalam menangkap hingga menjadikan kliennya sebagai tersangka.

Tonin menjelaskan, setidaknya ada lima materi gugatan yang menjadi dasar praperadilan diajukan ke PN Jakpus yakni terkait dengan penangkapan, penetapan sebagai tersangka, penahanan, pengeledehan, serta yang utama yakni kewenangan KPK untuk menangkap Rohadi sebagai seorang panitera pengganti di pengadilan.

Menurut Tonin Rohadi hanyalah seorang panitera pengadilan dan bukan aparat penegak hukum, serta penyelenggara negara atau pihak yang terkait dengan perbuatan penyelenggara negara atau aparat penegak hukum seperti yang tertulis dalam Pasal 11 huruf a UU KPK. [ysa]



Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

Asap Membumbung Tinggi Radius 2 KM

JUM'AT, 20 SEPTEMBER 2019 , 15:20:00

Tinjau Manokwari

Tinjau Manokwari

JUM'AT, 23 AGUSTUS 2019 , 07:12:00